2 PTN Bandung Ini Memakai Nilai UTBK dan Rapor untuk Seleksi Mandiri 2024

- 4 Maret 2024, 11:38 WIB
Unpad merupakan salah satu PTN di Bandung yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK dan nilai rapor sekolah./www.unpad.ac.id
Unpad merupakan salah satu PTN di Bandung yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK dan nilai rapor sekolah./www.unpad.ac.id /

GALAMEDIANEWS – Bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung, Jawa Barat, ada dua PTN ternama yang menggunakan nilai Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024 dan nilai rapor sekolah untuk jalur seleksi mandiri.

Secara umum, untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, calon mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengikuti tiga jalur penerimaan. Yang pertama adalah SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, lalu ada SNBT yang menggunakan nilai UTBK, dan ada Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh sebagian perguruan tinggi.

Baca Juga: Profesor Clover, Arkeolog yang Terobsesi Abad Kekosongan di One Piece

Setiap perguruan tinggi yang menyediakan jalur Seleksi Mandiri memiliki ketentuannya masing-masing. Ada yang melakukan ujian atau tes akademik dan ada juga yang hanya menggunakan nilai yang sudah diperoleh sebelumnya seperti nilai rapor di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau nilai UTBK.

Sebagai salah satu lokasi di mana terdapat perguruan-perguruan tinggi favorit, Bandung seringkali menjadi incaran calon mahasiswa baru. Dan di tahun 2024 ini setidaknya ada dua PTN di Bandung yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri dengan mempertimbangkan nilai UTBK dan nilai rapor SMA.

1. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran atau Unpad dari tahun ke tahun menyelenggarakan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran atau SMUP sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa barunya.

SMUP tahun 2024 bisa diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) dari tiga angkatan kelulusan, yakni bagi mereka yang lulus pendidikan setingkat SMA di tahun 2022, 2023, dan 2024.

Salah satu jalur SMUP adalah Jalur Nilai Ujian UTBK dan Prestasi Akademik. Seleksi Mandiri Jalur Nilai Ujian Unpad ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mengikuti program Sarjana Akademik (S1) dan Sarjana Terapan (vokasi).

Baca Juga: Setiap Daerah Memiliki Tradisi yang Unik untuk Menyambut Bulan Ramadan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Unpad.ac.id itb.ac.id.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x