FGD Moderasi Beragama di Kabupaten Garut: Menuju Keharmonisan dan Kesejahteraan Bersama

- 6 Maret 2024, 20:29 WIB
Focus Group Discussion (FGD) tentang moderasi beragama, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten  Garut Jalan  Pembangunan No.155, Kel. Jayawaras Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut./IST
Focus Group Discussion (FGD) tentang moderasi beragama, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Garut Jalan Pembangunan No.155, Kel. Jayawaras Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut./IST /

GALAMEDIANEWS - Forum Santri Jawa Barat bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Garut menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang moderasi beragama, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Garut Jalan Pembangunan No.155, Kel. Jayawaras Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut, Rabu, 6 Februari 2024.

Keberagaman agama dan budaya yang kaya di Garut, menjadi latar yang ideal untuk melakukan FGD dengan mengangkat tema "Penguatan Moderasi Beragama Menciptakan Praktik Beragama yang Damai dan Toleran”.

Focus Group Discussion (FGD) tentang moderasi beragama, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten  Garut Jalan  Pembangunan No.155, Kel. Jayawaras Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut./IST
Focus Group Discussion (FGD) tentang moderasi beragama, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Garut Jalan Pembangunan No.155, Kel. Jayawaras Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut./IST

FGD ini berbertujuan untuk memperkuat pemahaman dan praktik moderat dalam beragama, serta mendorong dialog antarumat beragama untuk menciptakan keharmonisan dan kesejahteraan bersama.

Baca Juga: Forum Santri Kabupaten Kuningan Gelar Kemah Kebangsaan untuk Tingkatkan Moderasi Beragama Generasi Muda

FGD diikuti sebanyak 238 peserta yang terdiri dari siswa setingkat Madrasah Aliyah, santri dan mahasiswa juga berbagai pemangku kepentingan dari berbagai lapisan masyarakat. Hadir juga tokoh agama, akademisi, dan perwakilan pemerintah setempat.

Mereka berkumpul untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang beragam isu terkait moderasi beragama. Topik-topik yang dibahas meliputi pemahaman yang benar tentang ajaran agama, toleransi antarumat beragama, penanggulangan radikalisme dan ekstremisme, serta penguatan kerukunan dan persatuan dalam keberagaman.

Hasil dari FGD ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan dan program yang bertujuan untuk memperkuat moderasi beragama di Kabupaten Garut.

Dengan demikian, Kabupaten Garut dapat terus menjadi contoh yang inspiratif dalam membangun masyarakat yang pluralis, harmonis, dan berkeadilan bagi semua warganya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x