Bantuan RI untuk Palestina dan Sudan Menggunakan Pesawat Garuda Indonesia

- 5 April 2024, 07:40 WIB
Petugas otoritas Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta mengemas kontainer di BaseOps SUMA 1 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (3/4/2024)/ ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo/
Petugas otoritas Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta mengemas kontainer di BaseOps SUMA 1 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (3/4/2024)/ ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo/ /

GALAMEDIANEWS – Bantuan dari dunia internasional sangat dibutuhkan oleh Palestina dan Sudan. Konflik yang terjadi di Palestina mengakibatkan warga sipil sangat menderita dan membutuhkan dalam bentuk makanan, obat-obatan, dan peralatan medis.  

Untuk Sudan, selain terjadi konflik internal juga adanya wabah kolera yang menimbulkan korban di negara tersebut.  

Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah menerbangkan bantuan untuk warga sipil yang menjadi korban konflik Palestina dan Sudan.

Menggunakan pesawat udara Garuda Indonesia dari BaseOps SUMA 1 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Pantauan di BaseOps SUMA 1 Halim Perdanakusuma tampak petugas otoritas bandara mengemas setidaknya lima kontainer.

Bantuan berisi obat-obatan, peralatan medis, antibakteri, dan makanan nutrisi yang berlabel "Humanitarian Aid From Indonesia to People of Sudan dan Mesir (Egypt)" ke dalam bagasi Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900neo.

Baca Juga: Peringatan Bandung Lautan Api 2024, Tunjukan Empati dan Solidaritas Kepada Palestina

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi sejumlah menteri melepas langsung keberangkatan bala bantuan kemanusiaan dari segenap Bangsa Indonesia dengan jumlah total senilai 1 juta dolar AS.

Pengiriman ke Kairo Mesir akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan untuk delegasi ke Port of Sudan, akan dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x