Terinfeksi Covid-19, China Terima Kasih kepada Donald Trump Telah Beri Hadiah Hari Nasional

- 2 Oktober 2020, 16:39 WIB
Presiden AS Donald Trump.
Presiden AS Donald Trump. /Foto : Instagram @realdonaldtrump



GALAMEDIA - Saat kabar tentang diagnosis Covid-19 Presiden AS Donald Trump mencapai Beijing, netizen dan media pemerintah Tiongkok bereaksi dengan perasaan bersuka-cita.

Reaksi mereka menunjukkan tingkat ketidakbahagiaan di antara orang-orang China atas apa yang mereka lihat sebagai tekanan yang tidak adil dan tidak masuk akal dari Trump terhadap China selama beberapa bulan terakhir.

Pengamat dan media pemerintah China lainnya mengatakan diagnosis positif Trump dan Ibu Negara Melania menunjukkan seberapa luas dan parahnya situasi virus di Amerika Serikat.

Kantor berita negara China Daily menunjukkan bahwa infeksi Trump adalah "pengingat bahwa virus corona terus menyebar" meskipun dia berusaha untuk mengecilkan bahaya yang ditimbulkan oleh pandemi virus ini.

Baca Juga: Mahfud MD Sentil Anies Baswedan: Selalu Jadi Juara Satu Tertinggi Penularan Covid-19

"Sejak muncul awal tahun ini, Trump, Gedung Putih, dan kampanyenya telah meremehkan ancaman tersebut dan menolak untuk mematuhi pedoman kesehatan masyarakat dasar - termasuk yang dikeluarkan oleh pemerintahannya sendiri - seperti mengenakan masker di depan umum dan mempraktikkan jarak sosial," kata koran itu.

Pada hari Jumat 2 Oktober 2020, Trump memposting di Twitter bahwa dia dan Ibu Negara telah dites positif terkena virus korona, setelah infeksi Covid-19 oleh asisten utama telah dikonfirmasi.

Tweet itu dilaporkan secara luas oleh media pemerintah China dan tagar "Pasangan Trump dinyatakan positif Covid-19" menjadi topik trending teratas di situs micro-blogging Weibo, dengan lebih dari 800 juta penayangan pada Jumat 4 sore di Beijing.

Banyak netizen China yang menggunakan kesempatan itu untuk mengolok-olok nasib buruk pemimpin AS itu.

Komentar seperti "Trump mungkin akan mengatakan tidak ada yang memahami Covid-19 lebih dari saya" dan "Lihat apa yang terjadi jika Anda tidak memakai masker" adalah hal yang umum di banyak topik.

Baca Juga: Akhirnya Positif Terpapar, Donald Trump Mencemooh Para Ilmuwan Soal Covid-19

Yang lainnya berterima kasih kepada Presiden AS karena telah memberi China "hadiah Hari Nasional" ini.

Saat pemilihan presiden AS semakin dekat, Trump telah memberikan tekanan yang meningkat pada perusahaan-perusahaan Beijing dan China.

Pemerintahannya telah mengancam untuk melarang aplikasi populer buatan China, WeChat dan TikTok, membatalkan visa pelajar dan peneliti China atas kekhawatiran spionase dan mengkritik penanganan China terhadap Covid-19.

Langkah tersebut telah memungkinkan Beijing untuk memicu perasaan nasionalisme di antara rakyatnya karena mereka menunjukkan keberhasilan China sendiri dalam mengekang penyebaran Covid-19 di dalam perbatasannya.

Diagnosis Trump datang hanya sehari setelah Republik Rakyat China merayakan hari jadinya yang ke-71.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan Dorong Konsumsi Rumah Tangga, Pertumbuhan Ekonomi Bisa Terdongkrak

Itu menandai dimulainya liburan delapan hari dan kesibukan perjalanan di dalam negeri, sama seperti negara-negara di luar negeri sedang mempertimbangkan penguncian lebih lanjut dan pembatasan perjalanan.

Hu Xijin, pemimpin redaksi tabloid nasionalis Global Times, menulis di Weibo bahwa infeksi Covid-19 Trump menunjukkan tingkat keparahan wabah di AS dan mengatakan ini kemungkinan akan memengaruhi kampanye pemilihan ulangnya.

AS telah mencatat lebih dari 7,3 juta kasus Covid-19 dan menderita lebih dari 200.000 kematian.

Trump dan Keluarga Pertama sekarang telah "membayar harga" untuk cara penanganan pandemi di AS, tulis Hu.

"Presiden Trump telah meremehkan dampak pandemi di AS, yang menyebabkan para pemilih mengabaikan bahayanya ... Mungkin di bawah sistem Amerika Anda tidak dapat menahannya bahwa politisi akan melakukan hal-hal seperti ini, tetapi pengaruh negatifnya terhadap masyarakat Amerika adalah sangat jelas, " katanya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x