Mengenal Lebih Dekat Masjid Mungsolkanas, Masjid Tertua di Bandung

- 6 April 2024, 07:38 WIB
Masjid Mungsolkanas didirikan sejak tahun 1869 dan menjadi masjid tertua di Kota Bandung.
Masjid Mungsolkanas didirikan sejak tahun 1869 dan menjadi masjid tertua di Kota Bandung. /Humas Kota Bandung

 

GALAMEDIANEWS – Masjid diartikan sebagai suatu bangunan yang berfungsi dipergunakan sebagai tempat sholat, baik sholat lima waktu, sholat Jumat maupun sholat hari raya.

Perkembangan saat ini, masjid tidak hanya untuk sholat saja. Bisa untuk berbuka puasa Ramadhan, pelaksanaan pernikahan, pengumpulan dan distribusi sedekah, bisnis, ataupun tempat penampungan tunawisma.

Bandung menjadi salah satu pemilik masjid tertua yang didirikan. Masjid tersebut bernama Mungkolnas.

Baca Juga: ANTIKLIMAKS!!! Usai Sidang Bersama Empat Menteri dan DKPP, RPH MK Buat Keputusan Baru! Penyampaian Kesimpulan

Masjid Mungsolkanas berdiri sejak tahun 1869 menjadi masjid tertua di Kota Bandung. Terletak di Gang Mama Winata, Jalan Cihampelas RT 02 RW 05, Kelurahan Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Kiai Haji Abdulrohim atau kerap dipanggil Mama Aden merupakan pendiri dari masjid ini.

Tidak seperti kebanyakan masjid di Indonesia, yang dinamai menggunakan bahasa arab, nama masjid ini justru menggunakan akronim dari kalimat berbahasa Sunda, sebagaimana dijelaskan oleh Didin, Marbot Masjid Mungsolkanas.

“Mungsolkanas sebenarnya singkatan dari kalimat bahasa Sunda 'Mangga Urang Ngaos Sholawat Ka Kanjeng Nabi SAW,” ungkap Didin.

Diambil dari filosofi doa yang terdapat dalam kitab Tankibulkaul. Artinya bahwa setiap orang yang membaca dan mengamalkan sholawat kepada Nabi SAW, Insya Allah doanya pasti akan diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x