Apa Hukum Sholat Idul Fitri? Berikut Penjelasan Hukum beserta Tata Cara Sholatnya!

- 8 April 2024, 10:14 WIB
 Ilustrasi Sholat Idul Fitri 1445 H./ pexels.com @Thirdman
Ilustrasi Sholat Idul Fitri 1445 H./ pexels.com @Thirdman /

GALAMEDIANEWS - Setelah berpuasa sebulan penuh, umat muslim akan menggelar Sholat ied Fitri pada hari Rabu, 10 April 2024 sesuai dengan ketentuan informasi dari pemerintah.

Hukum sholat Idul fitri terbagi menjadi  tiga, sesuai dengan pendapat dari para imam. Menurut Imam Malik dan Imam Syafii hukum sholat Idul Fitri yaitu sunnah muakkad, menurut pendapat Ahmad Bin Hanbali yaitu fardhu kifayah, sedangkan pendapat madzhab Hanafi adalah wajib.

Terdapat amalan sunnah yang perlu dilaksanakan sebelum shalat Idul Fitri. Pertama mengumandangkan takbir, mandi sebelum shalat Ied, memakai pakaian terbaik dan wewangian, juga hendaklah makan sebelum pergi sholat Idul Fitri.

Baca Juga: Daftar Lokasi Sholat Idul Fitri 1445 H Muhammadiyah Nganjuk 10 April 2024, 37 Titik Lokasi Telah Disediakan

Shalat Idul Fitri terdiri dari dua rakaat, dengan jumlah takbir sebanyak 7 kali di rakaat pertama. Lima rakaat kedua terdapat khutbah setelah menunaikan sholat Ied.  

Bagi umat muslim, kalian harus tau tata cara sholat Idul Fitri. Shalat ied merupakan suatu ibadah yang diselenggarakan pada dua hari raya Islam, yakni hari Idul Fitri dan hari Idul Adha. Berikut tara cara sholat ied: 

  1. Niat sholat ied

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا/مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Artinya, "Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT."

  1. Takbiratul Ihram

Setelah membaca doa iftitah, langsung takbir lagi hingga 7 kali untuk rakaat pertama. Ini adalah bacaan doa di sela-sela takbir :

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: sumsel.kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x