Sulitnya Mengembangbiakan Burung Merak Hijau Ditengan Pandeki Covid-19 Patut Diapresiasi

- 4 Oktober 2020, 20:05 WIB
Burung Merak Hijau pandemi Jawa (pavo macitus)
Burung Merak Hijau pandemi Jawa (pavo macitus) /

GALAMEDIA - Mempeingati hari satwa sedunia yang jatuh pada Mingg 4 Oktober 2020, kalangan wartawan mendapat kesempatan melihat proses penetasan burung merak hijau di Kebun Binatang Bandung.

Pada hari itu, Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) memperlihatkan keberhasilan menetaskan telur - telur burung Merak hijau Jawa (pavo muticus) dengan menggunakan mesin inkubator (mesin oenetas telur) di kandang kubah burung.

Pengembangbiakan Merak Hijau Jawa (pavo muticus) di Kebun Binatang Bandung (Bazoga) tingkat keberhasilan yang sangat baik dan patut diapresiasi. Dan Kebun Binatang Bandung pun kini kebanjiran Burung Merak Hijau.

Baca Juga: Donal Trump Nyatakan Siap Menjalani 'Real Test' untuk Beberapa Hari ke Depan

"Dalam sebulan terakhir ini, kami berhasil menetaskan dua butir telur burung Merak. Berdasarkan catatan, menetaskan telur burung Merak ini sangat sulit oleh mesin penetas,," ujar Marketing Comhjicatios Bazoga, Sulham Safii, Minggu 4 Oktober 2020.

Saat ini telur burung Merak Hijau yang diproses inkubator mesin terdapat 14 butir. Telur-telur tersebut mulai ditetaskan sejak periode awal Agustus 2020.

Hingga saat ini sudah 2 butir telur yang menetas dengan baik dan dalam proses perawatan intensif. Sedangkan 8 butir dinyatakan gagal, sisanya masih dalam proses penetasan.

Baca Juga: Tak Hanya Jutaan Buruh, Aksi Nasional Tolak RUU Cipta Kerja Diikuti Mahasiswa dan Aktivis Lain

Sebelumnya kebun binatang Bandung, ungkap Sulhan, pihaknya juga sudah berhasil mengembangbiakan merak hijau. Sehingga totalnya Kebun Binatang Bandung memiliki 21 merak hijau.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x