KPU KBB Umumkan Peraih Kursi Terbanyak di Pemilu 2024, PKS Dipastikan Bertahan Jabat Ketua DPRD Bandung Barat

- 29 Mei 2024, 07:10 WIB
Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman membeberkan peraih kursi terbanyak di DPRD KBB pada Pemilu 2024
Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman membeberkan peraih kursi terbanyak di DPRD KBB pada Pemilu 2024 /Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS/

GALAMEDIANEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melaksanakan rapat pleno penetapan kursi dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bandung Barat, Jawa Barat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang  berlangsung di hotel Grand Forest di Parongpong, Selasa, 28 Mei 2024. 

Adapun dalam rapat pleno tersebut, KPU KBB telah menetapkan sebanyak 8 partai politik (parpol) yang berhak memiliki keterwakilan di lembaga legislatif dari 50 kursi jumlah keseluruhannya.

Baca Juga: Jelang Pilkada Serentak 2024, KPU Bandung Barat Resmi Lantik 495 PPS

Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman mengatakan, penetapan kursi yang dimiliki oleh 8 parpol merupakan bagian tahap terakhir dari rangkaian penyelenggaraan Pileg  yang telah dilaksanakan pada Februari 2024. 

Menurut Ripqi, bahwa jumlah kursi terbanyak diraih 3 oleh parpol besar diantaranya PKS, Golkar dan Gerindra. Bahkan, jumlahnya sama untuk di masing-masing 9 kursi. 

Sedangkan posisi empat, kata Ripqi, diraih PKB dengan jumlah sebanyak 6 kursi disusul oleh PDIP, Demokrat, PAN dan Nasdem, masing-masing meraih 5 kursi

"Hasil raihan suara terbanyak di Pileg diperoleh PKS. Sehingga adanya peluang bagi PKS sebagai pemegang jabatan Ketua DPRD KBB periode mendatang," ujar ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman dilokasi. 

Selain PKS berpeluang pemegang jabatan ketua, Ripqi menyebutkan, partai Golkar, Gerindra dan PKB pun turut berpeluang mendapatkan jatah pimpinan di DPRD KBB. 

“Karena ada tiga kursi yang sama,untuk posisi ketua DPRD KBB kita melihat dari pertama kursi dengan melihat hasil suara keseluruhan, kalau melihat suara secara keseluruhan ada di partai PKS,” ucapnya. 

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah