Rakernis Baharkam Polri Ditandai penanaman Mangrove

- 4 Juni 2024, 21:06 WIB
 Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol. Mohammad Yassin,  memimpin langsung penanaman pohon Mangrove di Pantai  Pantai Patialau, Desa Parialau, Kecamatan  Mappasunggu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.
Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol. Mohammad Yassin, memimpin langsung penanaman pohon Mangrove di Pantai Pantai Patialau, Desa Parialau, Kecamatan Mappasunggu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. /Divisi Humas Polri/

GALAMEDIANEWS – Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri melakukan penanaman pohon mangrove atau bakau di Pantai Patialau, di Desa Parialau, Kecamatan  Mappasunggu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan serentak pada Selasa 4 Juni 2024 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 dan Kegiatan Rakernis Baharkam Polri.

Kegiatan yang dipimpin langsung Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol. Mohammad Yassin, ditegaskan bahwa penanaman pohon Mangrove atau Bakau bukan hanya seremonial saja. Namun kegiatan juga sebagai pesan kepada masyarakat untuk bisa menjaga kelestarian alam dan ekosistem.

“Mangrove memiliki banyak manfaat, seperti menghasilkan blue carbon atau oksigen biru yang sehat untuk kehidupan manusia, menjadi penahan erosi dan gelombang laut, dan menjadi habitat bagi ikan dan kepiting,” kata Irjen Pol. Mohammad Yassin.

Baca Juga: KoinWorks Tanam Pohon Mangrove Bersama Pendana & Peminjam, Tekankan Komitmen Pengurangan Jejak Karbon

Di acara yang dihadiri Kakorsabhara Baharkam Polri, Irjen Pol. Hary Sudwijanto S.I.K., M.Si. beserta jajaran Baharkam Mabes Polri serta masyarakat setempat, disampaikan Irjen Pol. Mohammad Yassin bahwa kegiatan penanaman mangrove merupakan upaya untuk mengembalikan ekosistem mangrove yang penting bagi keseimbangan lingkungan.

“Mangrove merupakan ekosistem pantai yang berperan penting dalam melindungi garis pantai dari abrasi. Mangrove juga menyediakan habitat bagi berbagai jenis hewan, serta menyaring polusi dari air laut,” kata kata Irjen Pol. Mohammad Yassin.

Kegiatan penanaman mangrove disambut antusias oleh ratusan masyarakat setempat. Masyarakat berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di masa yang akan datang.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: humas.polri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah