Jemaah Haji Indonesia di Madinah Diimbau Menjaga Kondisi Fisik dan Tak Memaksakan Diri

- 30 Juni 2024, 14:00 WIB
Jemaah haji di Masjid Nabawi, Madinah./
Jemaah haji di Masjid Nabawi, Madinah./ /Eri Mulyani/"PR"

GALAMEDIANEWS - Jemaah haji asal Indonesia diimbau menjaga kondisi fisik, menyesuaikan aktivitas dan tidak memaksakan diri selama berada di Kota Madinah.

Seperti diketahui, saat ini jemaah haji Indonesia sudah melaksanakan puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Pesan ini disampaikan Kasi Kesehaatan Derah Kerja (Daker) Madinah, Dr. Karmijono di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Baca Juga: 5 Mie Kocok Enak di Bandung, Rekomendasi Wisata Kuliner Liburan Sekolah dan Cuaca Dingin

Operasional haji 1445 H/2024 M memasuki tahap pemulangan ke Tanah Air dan pergeseran ke Madinah. Jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang I secara bertahap dipulangkan dari Makkah menuju Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah sejak 22 Juni 2024.

Sementara jemaah haji yang berangkat pada gelombang II, secara bertahap diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah sejak 26 Juni 2024. Pemulangan jemaah haji gelombang II dari Madinah ke Tanah Air akan mulai berlangsung pada 4 Juli 2024.

“Jemaah haji semua sudah dalam kondisi kelelahan capek. Petugas yang mendampingi dan mengawal jemaah juga dalam kondisi kelalahan. Sehingga, sebaiknya begitu sampai ke Madinah upayakan untuk istirahat sampai bugar. Karena ibadahnya (haji) Bapak-Ibu sudah selesai di Makkah,” tuturnya.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Khas Sunda Enak dan Terkenal di Majalengka, Pas Buat Dinikmati Bareng Keluarga Saat Liburan

“Jemaah saat berada di Madinah ini tinggal bersenang-senang (menikmati proses ibadah sesuai kemampuan fisik, -red), memulihkan kekuatan supaya nanti kembali ke tanah itu dengan wajah yang lebih bugar," ujar dia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah