1.667 Personil Polri Akan Pindah ke IKN, Pembangunan Kantor Pusat Polri Sudah di Lelang

- 12 Juni 2024, 19:10 WIB
1.667 Personil Polri Akan Pindah ke IKN. Wakapolda Polda Metro Brigjen Pol Hendro Pandowo dalam apel pengamanan
1.667 Personil Polri Akan Pindah ke IKN. Wakapolda Polda Metro Brigjen Pol Hendro Pandowo dalam apel pengamanan /Dokumen Polda Metro Jaya/

GALAMEDIANEWS – Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto pastikan 1.667 personel Kepolisian Republik Indonesia akan pindah ke Ibu Kota Negera atau IKN di Kabupaten Penajam Pasir Utara dan Sebagian Kabupaten Kutai Kartenagara, Kalimantan Timur. Pembangunan Kantor Pusat Polri di IKN saat ini sudah dalam proses lelang pembangunan.

“Termasuk para jenderal polisi di mana akan diisi oleh PJU dan staf mereka akan ditempatkan di Kantor Pusat Polri yang akan berkantor bersama presiden di kawasan inti pusat pemerintahan. Polri telah menyiapkan kantor pusat yang saat ini sudah tayang lelang.” jelas Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianton kepada wartawan, Rabu 11 Juni 2024.

Disampaikan Komjen Pol Agus Andrianton, Polri telah menyediakan berbagai fasilitas di IKN, termasuk gedung Polrestabes IKN, SPKT, dan empat Polsek. Selain itu, Polri akan membangun pusat kendali operasi (command center) yang terintegrasi dengan aplikasi Smart Security Smart City di Markas Polrestabes IKN.

Baca Juga: Rakernis Baharkam Polri Ditandai penanaman Mangrove

“Pengendaliannya akan dilaksanakan oleh personel gabungan Mabes Polri tingkat nasional, Polda Kaltim dengan regional, dan Polrestabes IKN di tingkat ibu kota,” tambah Komjen Pol Agus Andrianton.

Menurut Komjen Pol Agus Andrianton, personel yang dipindahkan ke IKN  merupakan gabungan dari Mabes Polri dan Polda. Namun belum dapat memastikan kapan proses pemindahan akan dimulai.

“Jumlah personel Polri yang akan dipindahkan ke wilayah KIPP IKN tahap satu tahun 2024 berjumlah 1.667 orang. Terdiri dari jumlah personel pada kantor pusat sebanyak 700 personel, dan personel pada sistem sebanyak 967 personel,” jelas Komjen Pol Agus Andrianton.

Baca Juga: Penyelenggaraan World Water Forum di Bali Berjalan Aman dan Sukses, Polri Ucapkan Terima Kasih

Untuk kelancaran proses pemindahan menurut Komjen Pol Agus Andrianton, Polri membutuhkan anggaran sebesar Rp 49,83 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp 25,07 miliar akan dialokasikan untuk pejabat utama dan staf yang berdinas di kantor pusat, sedangkan Rp 24,73 miliar akan digunakan untuk sarana dan prasarana bagi 967 personel di polsek tipe C, B, dan command center.

“Pengendaliannya akan dilaksanakan oleh personel gabungan Mabes Polri tingkat nasional, Polda Kaltim dengan regional, dan Polrestabes IKN di tingkat ibu kota,” pungkas Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: humas.polri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah