Presiden Jokowi Pilih Sapi Rp100 Juta dari Bandung untuk Kurban di Tiga Lokasi Prestisius

- 14 Juni 2024, 14:55 WIB
Salah satu dari tiga ekor sapi dibeli oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/6/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Bandung)
Salah satu dari tiga ekor sapi dibeli oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/6/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Bandung) /

GALAMEDIANEWS - Dalam semarak Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada 17 Juni 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperlihatkan komitmen sosial dan kepeduliannya terhadap peternak lokal dengan membeli tiga ekor sapi senilai Rp100 juta dari warga Bandung. Sapi-sapi ini dipilih melalui proses seleksi ketat dan akan disembelih di tiga lokasi prestisius: Istana Cipanas, Masjid Istiqlal, dan Masjid Raya Al Jabbar.

Seleksi Ketat

Wilsandi Saefullah, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, menjelaskan bahwa sapi-sapi milik Vandry Dwitama ini telah melalui proses seleksi yang sangat ketat, termasuk pemeriksaan kesehatan terakhir yang memastikan kualitas hewan kurban.

"Setelah melalui berbagai proses seleksi dan pengecekan kesehatan, sapi-sapi ini lolos menjadi hewan kurban presiden," ujar Wilsandi.

Masing-masing sapi memiliki nama dan bobot yang mengesankan: Ganesha dengan berat 1.103 kilogram, Ragasa dengan berat 1.130 kilogram, dan Gerengseng dengan berat 1.188 kilogram.

Wilsandi menambahkan, "Ini merupakan kebanggaan besar karena sapi dari peternak asal Kota Bandung dipilih Presiden untuk dijadikan hewan kurban."

Baca Juga: Jelang Idul Adha 1445 Hijriah, Dispernakan KBB Periksa Ribuan Hewan Kurban di Lapak Penjualan  

Dukungan Presiden

Presiden Jokowi secara konsisten menunjukkan dukungannya terhadap peternak lokal. Sebelumnya, pada tahun 2022 dan 2023, sapi dari Bandung juga terpilih sebagai hewan kurban presiden.

Tahun ini, selain tiga sapi tersebut, Presiden Jokowi akan mendistribusikan total 68 ekor sapi ke 38 provinsi di Indonesia, termasuk satu ekor untuk Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut keterangan dari Sekretariat Presiden RI, sapi-sapi ini akan disalurkan ke berbagai pemerintah daerah sebagai bagian dari perayaan Idul Adha.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah