Siaga!!! WHO Serukan ke Pemimpin Dunia, Sejumlah Negara Dalam Bahaya

- 25 Oktober 2020, 14:03 WIB
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. /WHO



GALAMEDIA - Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan sejumlah  negara berada di "jalur berbahaya" karena rumah sakitnya mulai penuh menjelang musim dingin.

Hal itu disampaikan oleh kepala WHO pada Jumat kemarin dikutip  Ahad, (25 Oktober 2020).

"Terlalu banyak negara yang mengalami peningkatan kasus secara eksponensial dan itu sekarang mengarah ke rumah sakit dan ICU yang hampir atau melebihi kapasitas dan kami masih baru di bulan Oktober, "kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers secara virtual.

Ia pun meminta kepada pemimpin dunia di mana kasus-kasus melonjak untuk secepat mungkin melakukan perbaikan. Menurutnya saat ini kita sedang dalam titik kritis dalam pandemi ini, khususnya di belahan bumi utara.

Baca Juga: Hari Ini! Shopee Gajian Sale Hadirkan Gratis Ongkir, Cashback 100%, dan Flash Sale 60RB!

"Beberapa bulan kedepan akan menjadi sangat sulit dan beberapa negara berada di jalur yang berbahaya," ungkapnya.

Covid-19 telah menyebar ke lebih dari 41,8 juta orang di seluruh dunia sejak muncul pada akhir Desember, menewaskan lebih dari 1,1 juta, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins, menutup bisnis dan menghancurkan ekonomi dari AS hingga Asia.

Pejabat WHO memperingatkan minggu lalu bahwa wabah Covid-19 di Eropa telah menjadi "mengkhawatirkan". Wilayah ini terus melaporkan "peningkatan kasus dan kematian yang cepat," dengan kasus baru tumbuh 25% selama seminggu, menurut laporan situasi WHO yang diterbitkan Selasa.

Baca Juga: Polisi Gerak Cepat Tahan Gus Nur, Bagaimana dengan Kasus Denny Siregar dan Abu Janda?

Prancis, Inggris, Rusia, Republik Ceko dan Italia berkontribusi lebih dari setengah dari semua kasus yang dilaporkan selama periode itu, berdasarkan laporan tersebut.

Di AS, wabah yang melanda Midwest telah menyebabkan lonjakan signifikan dalam kasus baru. Negara itu melaporkan lebih dari 71.600 kasus Covid-19 baru pada Kamis, mendekati rekor jumlah infeksi harian yang ditetapkan pada akhir Juli.

Bahkan untuk negara-negara yang telah berhasil menekan wabah mereka, Tedros mengatakan "sekarang adalah waktu untuk melipatgandakan" dan mengambil tindakan cepat untuk cluster yang muncul.

Baca Juga: Brutal, Aksi Unjuk Rasa di Nigeria Tewaskan 69 Orang Demonstran

"Kami mendesak para pemimpin untuk segera mengambil tindakan untuk mencegah kematian yang tidak perlu lebih lanjut, layanan kesehatan penting dari runtuh dan sekolah-sekolah ditutup lagi," kata Tedros di kantor pusat organisasi itu di Jenewa.

Dr. Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan kesehatan WHO, mengatakan gelombang kedua infeksi sangat mungkin terjadi di manapun dunia. Ryan mengatakan beberapa negara yang telah mampu menekan wabah.

"Mereka tidak "menindaklanjuti" pengujian, pelacakan kontak dan isolasi, bersama dengan langkah-langkah lain untuk mengurangi penularan virus, dan membiarkan penyakit "masuk kembali".

Baca Juga: Bos Besar Samsung Lee Kun-hee Meninggal Dunia

Sementara kasus baru semakin cepat, kematian akibat Covid-19 tetap relatif stabil, menurut WHO. Namun, kematian biasanya tertinggal dari infeksi dalam beberapa minggu. Kematian mulai menjalar di Eropa, kawasan Mediterania Timur, dan Afrika selama tujuh hari terakhir.

"Kami perlu mencegah penularan, tetapi kami juga perlu fokus pada pengurangan jumlah kematian, yang akan meningkat dalam beberapa hari mendatang," kata Ryan.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x