Waswas AS Terus Jaring Sekutu, Xi Jinping Kian Mesra dengan Kim Jong-un

- 30 Oktober 2020, 09:40 WIB
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (kanan) dan presiden China Xi Jinping (kiri).
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (kanan) dan presiden China Xi Jinping (kiri). / ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/pras.

GALAMEDIA - Untuk memperkuat hubungan antara China dan Korea Utara, Presiden Xi Jinping melayangkan surat kepada Kim Jong-un.

"Saya dan Pimpinan Kim telah menjalin hubungan antara kedua pihak dan negara untuk memasuki periode bersejarah baru melalui komunikasi yang erat dan mendalam selama beberapa tahun terakhir," kata Xi Jinping seperti dikutip AFP, Jumat 30 Oktober 2020.

Xi Jinping menyatakan bahwa penguatan hubungan ini diperlukan di tengah dunia yang saat ini mengalami perubahan cepat dan besar.

Ia tak merinci perubahan cepat di dunia yang ia maksud. Namun, Xi Jinping diperkirakan menyinggung masalah pandemi Covid-19 di dunia serta peningkatan persaingan antara China dan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Mahathir Mohamad Nyatakan Muslim Berhak Membunuh Jutaan Orang Prancis Dihapus Twitter

Terlebih akhir-akhir ini AS terkesan meningkatkan sekutu untuk melawan China. Pekan ini pun Menlu AS Mike Pompeo telah mengunjungi India, Sri Langka, Maladewa dan Indonesia. Salah satu agenda yang dibahas adalah persoalan China.

Dalam surat itu, Xi Jinping juga menyatakan China bersedia mengembangkan hubungan yang bersahabat dan panjang bersama Korea Utara, sembari mencoba membuat keadaan lebih sejahtera bagi kedua negara.

"Dengan kesejahteraan yang lebih baik serta mendorong perdamaian, stabilitas, dan pembangunan kawasan," katanya.

Xi Jinping melontarkan pernyataan ini setelah Kim Jong-un mengirimkan pesan dalam rangka merayakan Hari Nasional China ke-71 pada awal Oktober.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X