Galakan Gema Jabar Melawan Covid-19, Dinkes Kota Cimahi Laksanakan Gema 3 Diseluruh Wilayah

- 3 November 2020, 13:15 WIB
Dinas Kesehatan Kota Cimahi melakukan rapid tes pada pengunjung dan pedagang di Pasar Atas Kota Cimahi untuk menggalakan Gema Jabar Melawan Covid-19 di seluruh wilayah secara serentak, Selasa 3 November 2020.
Dinas Kesehatan Kota Cimahi melakukan rapid tes pada pengunjung dan pedagang di Pasar Atas Kota Cimahi untuk menggalakan Gema Jabar Melawan Covid-19 di seluruh wilayah secara serentak, Selasa 3 November 2020. /Laksmi Sri Sundari/
GALAMEDIA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengadakan rapid test di Pasar Atas Jalan Kolonel Masturi, Selasa 3 November 2020. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat (Gema) Jawa Barat untuk melawan Covid-19 yang diadakan serendak di seluruh Jawa Barat.

Dalam kegiatan rapid test tersebut, tidak hanya diikuti oleh pedagang dan pengunjung pasar, juga sejumlah Aparatur  Sipil Negera (ASN) Kota Cimahi, baik yang bertugas di Pemkot Cimahi maupun Kelurahan.

"Kita melaksanakan gerakan bersama 3 M. Ini adalah program Jawa Barat yang dilakukan serentak oleh kabupaten kota se-Jawa Barat. Dan kita di Cimahi melaksanakan Gema 3 M di seluruh wilayah, termasuk hari ini salah satunya kita melaksanakan di Pasar Atas," ungkap Kepala Dinkes Kota Cimahi, drg Pratiwi di sela kegiatan, Selasa.
 
Baca Juga: Kabag Humas Setda Ciamis Inisiasi Bentuk Aksi Perubahan Klimaks PPJ

Selain melaksanakan Gema, sambung Pratiwi, pihaknya juga melaksanakan rapid rest secara gratis. "Ada sebagian ASN yang ikut dirapid setelah libur panjang kemarin, ada juga pengunjung, dan pedagang," bebernya.

Menurut Pratiwi, kegiatan pelaksanaan Gema juga dilakukan di kelurahan-kelurahan, kantor pos, dan di pasar dadakan depan kelurahan Cigugur.
 
"Dinas Pendidikan juga melaksanakan hal yang sama di salah satu sekolah beserta guru-gurunya. Jadi semua serentak di seluruh Kota Cimahi hari ini dalam rangka Gema 3 M," terangnya.

Jika ditemukan sampel rapid test yang reaktif, kata Peatiwi, pihaknya langsung melakukan swab test.
 
Baca Juga: Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Polisi Bagikan Hadiah Helm dan Tas Tangan

"Tadi ada satu pengunjung pasar yang reaktif, langsung di swab. Mudah-mudahan hasilnya negatif. Kita juga lakukan edukasi, kan belum tentu hasil reaktif itu positif. Makanya kita lakukan swab, nanti hasilnya diberitahu yang bersangkutan, karena kita sudah ada datanya tadi saat pendaftaran," terangnya

Dijelaskan Pratiwi, dengan sering dilakukannya rapid test, pihaknya berharap muncul keinginan dari masyarakat secara sukarela memeriksakan diri untuk mengetahui terkonfirmasi Covid-19 atau tidak.

"Mudah-mudahan dengan seringnya kita melakukan rapid test, muncul pula pemahaman masyarakat dengan sukarela memeriksakan diri, walaupun pasti ada kendala. Mudah-mudahan sebagian besar mau melakukan rapid test," ujarnya.
 

Perlu diketahui Kota Cimahi masuk 5 besar penanganan Covid-19 di Jawa Barat yang dinilai baik.
 

Editor: Kiki Kurnia


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah