Bandingkan Kekayaan Petahana Donald Trump dengan Penantangnya Joe Biden Bagai Langit dan Bumi

- 3 November 2020, 20:53 WIB
Dua calon dalam Pilpres AS 2020, Donald Trump dan Joe Biden.
Dua calon dalam Pilpres AS 2020, Donald Trump dan Joe Biden. /


GALAMEDIA - Pertarungan Donald Trump dan Joe Biden untuk memperebutkan jabatan Presiden Amerika Serikat (AS) mencapai puncaknya hari ini, Selasa 3 November 2020.

Banyak hal yang telah terjadi sepanjang pertarungan Pilpres AS 2020 berlangsung. Keduanya berkampanye di berbagai tempat, mencari dukungan ke berbagai pihak, dan pastinya itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Seperti diketahui, Biden adalah politikus ulung sejak dulu yang merintis karier di Partai Demokrat. Sementara Trump tersohor karena menjadi miliarder yang jadi presiden.

Berdasarkan laporan Forbes tahun ini, harta kekayaan Biden jika digabungkan dengan istrinya Jill Biden mencapai angka 9 juta dolar AS atau sekitar Rp130 miliar.

Baca Juga: Sebut Xi Jinping Mirip Adolf Hitler, Eks Komandan AL Inggris Ingatkan Ancaman China dan Perang Dunia

Kekayaan mereka termasuk dua rumah yang berada Delaware senilai 4 juta dolar AS atau sekitar Rp58 miliar, kemudian uang tunai dan investasi senilai 4 juta dolar AS atau lebih, dan pensiun federal senilai lebih dari 1 juta dolar AS alias Rp14 miliar.

Setidaknya sejak 1998, tahun paling awal Biden merilis laporan pajaknya, sebagian besar pendapatan berasal dari gaji sebagai Senat dan gaji istrinya sebagai profesor di community college.

Mereka mendapatkan royalti 71.000 dolar AS dan 9.500 Dolar AS lagi untuk "hak buku audio", tak lama setelah Random House menerbitkan memoar pertamanya.

Baca Juga: Irjen Pol Napoleon Bonaparte Minta Jatah Rp7 Miliar untuk 'Petinggi', Begini Reaksi Mabes Polri

Ketika Biden meninggalkan kursi Senat pada tahun 2009, gajinya adalah 169.300 dolar AS setahun. Posisi barunya sebagai wakil presiden datang dengan kenaikan 30 persen.

Saat mengakhiri masa jabatannya sebagai wakil presiden pada Januari 2017, Biden mengajukan formulir pengungkapan keuangan lain, mencantumkan aset dan kewajiban bernilai antara negatif 897.000 dolar AS dan positif 489.000 dolar AS.

Sementara Trump, berdasarkan catatan Forbes pada tahun ini memiliki total kekayaan mencapai 2,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp36 triliun.

Baca Juga: Jimly Asshiddiqie Terima Bocoran, Angka Partisipasi Pilpres AS 2020 Tertinggi Sejak 1908

Trump memiliki sekitar 350 rumah peristirahatan di Manhattan hingga beberapa saham investasi yang bagus. Dia juga masih memiliki Mar-a-Lago Club di Florida dan tiga rumah di dekatnya.

Trump memperoleh kekayaan sebanyak itu paling besar dari bisnis properti di 1290 Avenue of Americas. Setidaknya ia mendapat sebanyak 342 juta dolar AS dari sana atau sekitar Rp4,9 triliun.

Posisi Trump dalam daftar orang terkaya dunia versi Majalah Forbes melonjak 51 peringkat pada 2019. Nama Trump bertengger di peringkat 715, meningkat dari tahun lalu yang hanya berada di peringkat 766.

Baca Juga: Donald Trump Kalah, Taiwan Kehilangan Dukungan AS Melawan China?

Setelah menjabat sebagai presiden, Trump masih memegang kendali sebagian saham atas hotel, tempat golf, dan sejumlah bisnis propertinya meski dikritik oleh sejumlah pihak yang menganggap situasi ini dapat memicu konflik kepentingan.

Walau sudah menyerahkan kendali Trump Organization kepada putranya, Trump tetap tak melepaskan diri dari bisnis.

Dalam setahun terakhir pada tahun itu, bisnis Trump sempat naik turun. Nilai ritel propertinya di New York menurun 64 juta dolar AS sekitar Rp929 miliar, sementara resor golfnya juga merosot 26 juta dolar AS atau Rp 377 miliar.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x