Pilpres AS 2020, Begini Jalan Donald Trump dan Joe Biden Menuju ke Menangan

- 4 November 2020, 19:27 WIB
Donald Trump dan Joe Biden.
Donald Trump dan Joe Biden. /


GALAMEDIA - Presiden petahana Donald Trump dan penantang dari Demokrat Joe Biden menghadapi liku-liku jalan menuju potensi kemenangan dalam pemilihan presiden AS yang akan ditentukan oleh selisih tipis.

Enam negara bagian masih dalam proses penghitungan - Georgia, Michigan, Nevada, North Carolina, Pennsylvania, dan Wisconsin - dengan Biden perlu membawa setidaknya tiga untuk menang. Sedangkan Trump akan membutuhkan setidaknya empat.

Hasilnya hampir pasti akan turun ke jutaan surat suara yang absen yang merupakan suara pertama dalam pemilihan ini dan seringkali yang terakhir dihitung.

Pukul 6 pagi Waktu Standar Timur di AS Biden memimpin untuk di Nevada dan Wisconsin.

Baca Juga: ShopeePay dan Kitabisa.com Sinergi untuk Bantu UMKM Pulih Saat Pandemi

Trump memegang keunggulan tipis di Georgia, North Carolina, Pennsylvania, dan Michigan, meskipun puluhan ribu surat suara masih harus dihitung di negara bagian itu. Banyak warga setempat memberikan hak suara melalui surat di daerah sekitar kota-kota besar, yang secara tradisional mendukung Demokrat.

Berikut adalah jalan Trump dan Biden menuju kemenangan:

TRUMP

Jalan Trump yang paling mungkin menuju kemenangan adalah melalui Pennsylvania, negara bagian yang dia bawa pada 2016. Jika dia menang di sana, dia harus memenangkan tiga dari negara bagian medan pertempuran lainnya untuk mengamankan 270 suara elektoral.

Baca Juga: Kamala Harris Ingin Amerika Serikat Perbaiki Hubungan dengan Palestina

Jika dia tidak memenangkan Pennsylvania, dia harus menyapu bersih lima sisanya.

Trump memimpin pemungutan suara di Pennsylvania sekitar 55 persen hingga 43 persen dengan sekitar 75 persen suara kemungkinan dihitung.

Kota-kota terbesar di negara bagian itu, Philadelphia dan Pittsburgh, sejauh ini hanya melaporkan sebagian kecil dari hasil pemilu mereka, dan hasil tersebut secara tradisional menguntungkan Demokrat.
Di luar itu, banyak surat suara yang masih harus dihitung diajukan melalui surat, dan negara mengatakan  lebih banyak Demokrat daripada Partai Republik yang memberikan surat suara tahun ini.

Baca Juga: Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah 3.356 Orang

Pennsylvania menawarkan satu masalah lain: Pengadilan negara bagiannya telah memerintahkan para pejabat untuk menghitung surat suara yang tidak hadir yang diberikan pada hari Selasa selama surat tersebut tiba melalui pos pada hari Jumat.

Trump telah mengkritik Mahkamah Agung AS karena mengizinkan perubahan dan kasus tersebut dapat kembali ke pengadilan setelah pemilihan.

BIDEN

Jalan Biden yang paling mungkin menuju kemenangan melewati Nevada dan Wisconsin, negara bagian di mana dia memegang keunggulan tipis pada Rabu pagi ketika para petugas bekerja untuk menghitung suara akhir.
Jika Biden memenangkan negara bagian itu, kemenangan di Georgia, Michigan atau Pennsylvania akan memberinya cukup untuk menang.

Trump memimpin sekitar 51 persen hingga 47 persen di Michigan, tetapi banyak suara yang tersisa untuk dihitung adalah surat suara dari Detroit dan sekitarnya, di mana Demokrat secara historis menikmati keuntungan elektoral.

Para pejabat di Nevada, di mana Biden memiliki keunggulan tipis 49,3 persen menjadi 48,7 persen dengan 86 persen suara yang diharapkan dihitung, mengatakan mereka tidak akan melanjutkan penghitungan suara sampai Kamis 5 November pagi.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x