Jelang Pulang ke Tanah Air, Habib Rizieq Disarankan Jimly Asshiddiqie Hentikan Aksi Jalanan

- 9 November 2020, 11:33 WIB
Senator DPD RI, Jimly Asshiddiqie.
Senator DPD RI, Jimly Asshiddiqie. /Antara/Fathur Rochman./


GALAMEDIA - Senator DPD RI Jimly Asshiddiqie menyarankan agar Habib Rizieq Shihab untuk berhenti melakukan aksi jalanan.

Mantan Ketua ICMI ini berharap kontribusi Habib Rizieq kian nyata jika ikut dalam politik, sehingga bisa terlibat dalam pembuatan kebijakan.

“Berjuanglah secara resmi, jangan terus-terusan mobilisasi massa di jalanan. Banyak mudaratnya,” pesan Jimly pada akun twitternya @JimlyAs, Senin 9 November 2020.

Dia berharap Habib Rizieq bisa bersatu ke dalam sebuah partai, kemudian melakukan konsolidasi dengan baik.

Ia pun menjelaskan, cara berjuang untuk mempengaruhi kebijakan dengan cara resmi maskdunya harus melembaga lewat partai ke parlemen dan ke pmerintahn.

"Demo kerumunan juga sah. Opini publik di media huga bisa mempengaruhi kebijakan tapi terbatas. Khusus untuk demo massa tersu menerus mudaratnya banyak, seharusnya tidak menjadi kebiasaan," ujarnya.

Hal tersebut dilontarkan Jimly terkait pernyataan Ketua Presidium Alumni 212 (PA 212) Slamet Ma’arif yang menyebut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) ini tidak akan masuk ke partai.

Setiba di Indonesia, Habib Rizieq dipastikan tidak akan langsung masuk ke dalam partai, baik itu partai lama maupun partai berhaluan Islam baru seperti Partai Ummat dan Partai Masyumi Reborn.

“Kenapa msti ditolak kalau langsung jadi pemimpin partai?” ujar Jimly.

Mantan ketum ICMI ini mengurai bahwa posisi partai Islam saat ini hanya PKB yang aman. Sementara PKS, PAN, dan PPP terancam hilang oleh PBB, Gelora, Partai Ummat dan Partai Masyumi Reborn.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, Terungkap Jenderal Osamah Lakukan Pembelaan

“Silakan semua tokoh terkait saling buka diri dan saling rangkul. Kanalisasi aspirasi ini penting agar tidak terus-terusan meledak di jalan. Pejabat pemerintah juga mesti arif bukakan saluran," tandasnya.

Besok, Selasa 10 November 2020 sekitar pukul 09.00 WIB, insya Allah Habib Rizieq Shihab tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Habib Rizieq Shihab.
Habib Rizieq Shihab.

Baca Juga: BLT BPJS Tahap II: Menaker Sebut Pencairan Termin Pertama Mungkin Hari Ini

Rencana kepulangan Habib Rizieq tersebut telah diungkapkan sejumlah pihak, termasuk oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) sendiri.

Ia pun menyatakan kepulangannya ke tanah air tidak melalui jalur izin keluar atau bayan safar melainkan lewat perpanjangan visa yang sudah bertahun-tahun mati.

Baca Juga: UEA Legalkan Kumpul Kebo dan Minuman Keras, Produser Film Tabu Sambut Bahagia

Disebutkan, Imigrasi Arab Saudi sebelumnya telah menerima permohonan bayan safar atau exit permit darinya. Namun, jelang kepulangannya, pada Selasa 3 November 2020, Imigrasi di Jeddah membatalkan permohonan itu.

Meski begitu, Habib Rizieq tetap bisa pulang ke Indonesia. Imigrasi Saudi langsung memberi opsi lain, yakni memperpanjang visanya yang telah mati 2 tahun 5 bulan.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x