Mengejutkan! Panglima AD Ethiopia Sebut Dirjen WHO Persenjatai Kelompok Pemberontak

- 20 November 2020, 14:34 WIB
Dirjen  WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. /Reuters./

GALAMEDIA - Pejabat militer Ethiopia menuding Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mendukung kelompok pemberontak Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF).

Tedros disebut-sebut tengah melobi dan berusaha mempersenjatai para pemimpin TPLF di wilayah pembangkang yang dilanda konflik.

Dalam konferensi pers, Panglima Angkatan Darat (AD) Berhanu Jula menyatakan Tedros adalah "bagian dari tim TPLF".

"Dia telah bekerja di negara-negara tetangga untuk mengutuk perang. Dia telah bekerja agar mereka (TPLF) mendapatkan senjata," kata Berhanu tanpa memberikan bukti.

Dia menambahkan bahwa Tedros "tidak mengabaikan kebutuhan bisnis yang terlewat" untuk membantu TPLF.

Baca Juga: Pangdam Jaya: FPI Bubarkan Saja! Turunkan Rantis, Baliho Habib Rizieq Dicopot Aparat

Juru Bicara Komite Krisis Ethiopia yang menangani konflik, Redwan Hussein mengakui bahwa "pemerintah tidak senang" dengan Tedros.

"Pemerintah sadar bahwa dia terburu-buru dan sibuk, memanggil para pemimpin dan lembaga, meminta mereka untuk memaksa pemerintah duduk dan bernegosiasi," ujarnya dalam konferensi pers seperti dilansir AFP Jumat 20 November 2020.

Tedros membantah keras tuduhan tersebut. Di mengaku sudah melihat sifat perang yang merusak sejak masih anak-anak, dan ia menggunakan pengalaman itu untuk selalu bekerja demi perdamaian.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: AFP


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X