Didukung AS, Taiwan Tuding China Hambat Undangan dari WHO

- 9 November 2020, 09:58 WIB
Bendera Taiwan (kiri) dan China (kanan).* /Asian Military Review/
Bendera Taiwan (kiri) dan China (kanan).* /Asian Military Review/ /



GALAMEDIA - Taiwan menuding China menghambat pada pertemuan utama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan ini terkait penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di dunia.

Misi Amerika Serikat (AS) di Jenewa pekan lalu mendesak kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus untuk mengundang Taiwan yang diklaim China.

Pada Minggu malam, 8 November 2020, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan pulau itu belum mendapatkan undangan ke pertemuan virtual 194 negara anggota.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, Terungkap Jenderal Osamah Lakukan Pembelaan

"Kementerian Luar Negeri mengungkapkan penyesalan dan ketidakpuasan yang kuat atas hambatan China atas Taiwan yang berpartisipasi dalam WHO dan WHO yang terus mengabaikan kesehatan dan hak asasi manusia dari 23,5 juta orang Taiwan," tambahnya.

Penolakan WHO untuk mengundang Taiwan berdasarkan pertimbangan politik membuat ejekan terhadap klaim "kesehatan untuk semua" tubuh, kata kementerian itu.

Taiwan dikunci dari sebagian besar organisasi global seperti WHO karena keberatan China, yang menganggap pulau itu sebagai salah satu provinsi yang tidak memiliki hak atas jebakan negara berdaulat.

Baca Juga: Jelang Pulang ke Tanah Air, Habib Rizieq: Saya Bukan Tahanan Tak Dipulangkan Dengan Paksa!

WHO mengatakan terserah negara-negara anggota apakah akan mengundang Taiwan, yang telah dipuji secara internasional karena cepat menangani virus corona.

Didukung oleh Amerika Serikat, Taiwan telah meningkatkan lobi tahun ini untuk ambil bagian, membuat marah China.

Misi China untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa pada hari Jumat mengecam pernyataan AS yang "terdistorsi" di Taiwan, dengan mengatakan pulau itu hanya dapat mengambil bagian jika mengaku sebagai bagian dari China, sesuatu yang telah ditolak oleh pemerintah Taipei.

Baca Juga: Tuntut Transparansi, Melania Trump Keluarkan Pernyataan Pertamanya Soal Pilpres AS 2020

WHO mengatakan bekerja sama dengan Taiwan dalam berbagai masalah kesehatan termasuk pada aspek pandemi dan bahwa pulau itu telah diberikan bantuan yang dibutuhkannya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x