Wah Keren! Mahasiswa ITB Berhasil Ciptakan Alat Pendeteksi Stres, Berikut Mekanisme Kerjanya

- 1 Maret 2021, 20:39 WIB
ILUSTRASI stres.
ILUSTRASI stres. /*/PIXABAY

GALAMEDIA – Pembuatan alat pendeteksi stres ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kerap dibuat stres dengan banyaknya tugas yang diberikan dosen.

Uniknya, alat ini diciptakan melalui tangan dingin mahasiswa-mahasiswa ITB, yaitu Maha Yudha Samawi, Alifia Zahratul Ilmi, dan Gardin M. Andika Saputra.

Mereka membuat sebuah alat pendeteksi stres yang bekerja melalui pemeriksaan urine.

Baca Juga: Sanksi Tegas Menanti Anggota Polisi yang Terciduk ke Tempat Hiburan Malam dan Mabuk-mabukan

Inovasi tersebut pertama kali diperkenalkan mereka ke publik melalui kompetisi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta.

Dalam kompetisi tersebut, mereka berhasil meraih medali emas untuk kategori Presentasi dan medali perunggu untuk kategori Poster.

Inovasi tersebut bekerja dengan mendeteksi biomarker atau zat penanda spesifik pada urine yang berpotensi besar dapat mengindikasikan adanya stres di antaranya sorbitol, asam urat, dan asam azelat.

"Alat ini menjadi pendeteksi depresi klinis noninvasif pertama di Indonesia. Umumnya deteksi depresi masih menggunakan kuesioner yang rawan risiko subjektifitas pasien akibat harapan akan kondisi yang dialaminya," ujar Yudha yang dikutip Galamedia dari laman itb.ac.id, 1 Maret 2021.

Baca Juga: Petani di Puspahiang Tasikmalaya Rakit Mesin Pengolahan Limbah Sampah Jadi BBM

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X