Roket China akan Hantam Bumi Esok Hari, Melayang di Atas Selandia Baru Kemungkinan Kenai Indonesia?

- 8 Mei 2021, 20:11 WIB
Roket China akan Hantam Bumi Esok Hari?
Roket China akan Hantam Bumi Esok Hari? /aerospace/

GALAMEDIA - Puing dan juga serpihan roket Long March milik China diperkirakan akan kembali menghantam bumi esok hari setelah diluncurkan pada pekan lalu.

Kementerian luar negeri China mengatakan pada Jumat kemungkinan besar puing-puing roket tersebut akan terbakar di atmosfer saat masuk kembali dilansir Galamedia dari Reuters.

Peringatan tersebut disampaikan oleh pusat penelitian dan pengembangan ruang angka yang didanai pemerintah federal Amerika Serikat (AS), Center for Orbital Reentry and Debris Studies (CORDS).

Komando Luar Angkasa AS menyebutkan bahwa jatuhnya puing roket itu tak terkendali dan hingga saat ini sedang dilacak posisi pastinya hal ini berdasarkan tweet yang dikirim Aeroscape Corporation.

Baca Juga: Mendag Klarifikasi Soal Pernyataan Jokowi Ajak Beli Bipang Ambawang: Ini Soal Cintai Produk Lokal

"Prediksi berdasarkan informasi terbaru CORDS tentang lokasi masuknya kembali roket diberikan di North Island Selandia Baru, tetapi roket itu bisa mendarat ke bumi dimana saja di sepanjang jalur yang mencakup sebagian besar dunia," tulis laporan Aerospace Corporation.

Berdasarkan hasil laporan tersebut, gambar jalur jatuh roket terbentang lebar dan di dalamnya termasuk wilayah Indonesia.

Roket Long March 5B terdiri dari satu tahap inti dan empat penguat. Diketahui roket itu meluncur pada 19 April lalu dari pulau Hainan China dengan modul Tianhetak berawak.

Isinya nanti akan menjadi tempat tinggal di stasiun luar angkasa permanen pihak China.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X