Disembunyikan dari Istana dan Dianggap Mati, Netflix Ungkap Kisah Tragis Keluarga Ratu Elizabeth

- 25 November 2020, 14:26 WIB
/Tim Galamedia/

GALAMEDIA - Serial sukses Netflix, The Crown musim ini tampaknya menjadi salah satu yang paling kontroversial.

Selain mengungkap sisi kelam pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles, publik juga disuguhi kisah tragis sepupu Ratu Elizabeth yang selama ini nyaris luput dari perhatian.

Dikurung di rumah sakit jiwa dan terdaftar sebagai orang mati setelah lahir dengan kesulitan belajar yang parah, Netflix mengungkap skandal memalukan yang membuat Katherine dan Nerissa Bowes-Lyon, keponakan Ibu Suri, diabaikan dan dilupakan selama beberapa dekade.

Baca Juga: Pangdam Jaya: Orang Beragama Belum Tentu Pancasilais, Orang Pancasilais Sudah Pasti Dia Beragama

Di usia 15 dan 22 tahun, keduanya tidak dapat berbicara karena kondisi fisik yang mereka derita. Dan diam-diam mereka ditempatkan di Royal Earlswood Institution for Mental Defectives di Redhill, Surrey oleh kedua orantuanya pada tahun 1941.

Dikutip Galamedia dari DailyMail beberapa waktu lalu, Katherine dan Nerissa mendekam di institusi yang dengan kejam dijuluki publik “The National Asylum for Idiots” selama sebagian besar hidup mereka.

Menurut laporan, keduanya hampir tidak pernah dikunjungi dan sebaliknya didaftarkan sebagai orang mati.

Baca Juga: Netizen Heboh, Ada Ali Mochtar Ngabalin dalam Rombongan yang Ditangkap KPK?

Meskipun Ibu Suri mengetahui pernyataan dalam Burke's Peerage yang menyebut dua keponakannya telah meninggal itu tidak benar, dia tidak pernah mengunjungi satu pun dari mereka.

Dan tampaknya ibu dari Ratu Elizabeth itu  tidak melihat kontradiksi dari perannya di Mencap, institusi yang berkampanye menentang penempatan anggota keluarga  penderita cacat mental dalam perawatan negara.

Nerissa meninggal di usia 66 tahun 1986 dan Katherine meninggal enam tahun lalu pada usia 87.

Baca Juga: Sejumlah Suku di Papua Tegas Tolak OPM, Jembatan Murib : Pemerintah Wakil Tuhan Di Bumi

Dalam episode baru The Crown, yang berlatar tahun 80-an, pasangan ini terlihat berusia enam puluhan. Keduanya memuja sepupu mereka Ratu Elizabeth II yang dalam tayangan TV menghadiri Royal Variety Performance.

Memeluk boneka, mereka berdiri kala lagu kebangsaan berkumandang dan memberi hormat sebelum mendapat  obat dari perawat.

Tidak mengherankan jika Helena Bonham Carter yang memerankan Putri Margaret  mengungkapkan rasa jijiknya pada perlakuan mengerikan terhadap mereka.

Baca Juga: Sejumlah Siswa dan Guru Dapat Santunan di Hari Guru Nasional

Dengan kemarahan, Marge mendatangi Ibu Suri (Marion Bailey). “Dikunci dan diabaikan. Mereka adalah keponakan, putri dari saudara kesayanganmu!” teriaknya.

“Sungguh jahat, dingin dan kejam.. Jika namamu tidak ada di baris pertama pewaris tahta dan mengalami hal sama.. orang akan meludahimu dan mungkin engkau anda disembunyikan atau lebih buruk lagi: mati. Memalukan semua!”

Baca Juga: RM Lempar HP Taehyung Sok Dingin, Tembus Grammy 2021 Reaksi BTS Bikin Emosi ARMY Campur Aduk

Namun demikian, terinspirasi dari catatan dokumentasi monarki Inggris, The Crown tak lantas menjadi serial dokumenter.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x