Daftar Para Istri yang Bakal Gantikan Suami Sebagai Kepala Daerah, Dari Banyuwangi Hingga Lampung

- 12 Desember 2020, 11:10 WIB
Pasangan calon Bupati Banyuwangi nomor urut 02 Ipuk Fiestiandani Azwar Anas (kiri) dan calon Wakil Bupati Sugirah (kanan) berpose saat deklarasi kemenangan di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/12/2020).
Pasangan calon Bupati Banyuwangi nomor urut 02 Ipuk Fiestiandani Azwar Anas (kiri) dan calon Wakil Bupati Sugirah (kanan) berpose saat deklarasi kemenangan di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/12/2020). /Antara/Budi Candra Setya


GALAMEDIA - Sejumlah kepala daerah yang telah memimpin selama dua periode, beberapa di antaranya tetap ingin melanjutkan pengaruhnya.

Mulai dari mencalonkan anak hingga istrinya untuk maju Pilkada. Seteprti juga yang pernah terjadi di Kota Cimahi, Atty Suharti yang meneruskan sang suami  Itoc Tochija.

Di Pilkada 2020 lalu, itu juga ditiru oleh Bupati Bandung, Dadang Naser yang menjadikan sang istri, Kurnia Agustina sebagai calon bupati. Namun ia hampir dipastikan gagal. Pasalnya berdasarkan perhitungan cepat, pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan yang memiliki suara lebih banyak.

Baca Juga: Didampingi Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab Tiba di Mapolda Metro Jaya

Berikut ini galamedia tampilkan daftar istri yang bakal menggantikan sang suami sebagai kepala daerah:

1. Kustini Sri Purnomo
Kustini merupakan istri Bupati Sleman, Sri Purnomo. Pada Pilkada 2020 ini, Kustini berpasangan dengan Danang Maharsa sebagai calon dengan nomor urut 3.

Pasangan ini diusung oleh PDIP dan PAN. Pada perhitungan cepat, Kustini sukses meraih suara lebih banyak dibandingkan pasangan Sri Muslimatun-Amin Purnama dan Danang Wicaksana-Agus Choliq.

Perlu diketahui, sang suami, Sri Purnomo telah menjabat Bupati Sleman pada periode 2010-2015 dan 2016-2021. Bahkan sebelumnya ia adalah Wakil Bupati Sleman periode 2005-2010.

Baca Juga: Usai Diperiksa, HRS Akan Langsung Ditangkap. Kuasa Hukum: Insya Allah Beliau Siap (Ditahan)

2. Ipuk Fiestiandani
Ipuk adalah istri Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Pada Pilkada 2020, Ipuk berpasangan dengan Sugirah yang merupakan anggota DPRD Banyuwangi saat ini.

Hasil quick count versi LSI Denny JA, Ipuk Fiestiandani-Sugirah menang atas rivalnya Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy.

Ipuk turut terdongkak oleh nama suaminya, Abdullah Azwar Anas yang telah memimpin Banyuwangi sejak 21 Oktober 2010. Ia memang dikenal sukses membawa Banyuwangi lebih dikenal secara nasional. Khususnya lewat acara-acara festival seni budaya.

Baca Juga: Petugas Gabungan Diterjunkan untuk Mencari Ibu Muda yang Hanyut di Sungai Ciandum Cipatujah

3. Eva Dwiana
Anggota DPRD Provinsi Lampung ini adalah istri dari Wali Kota Bandar Lampung, Herman Hasanusi. Herman telah memimpin Bandar Lampung selama dua periode.

Kali ini bakal dilanjutkan oleh sang istri, Eva. Di Pilkada 2020 ini, Eva yang berpasangan dengan Dedi Amrullah unggul dari dua paslon lainnya, Rycko Menoza-Johan Sulaiman dan M Yusuf Kohar-Tulus Purnomo.

4. Etik Suryani
Etik adalah istri dari Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya yang telah menjabat dua periode.

Baca Juga: Jangan Balas Kejelekan dengan Kejelekan, Tapi Balaslah dengan Kesabaran

Etik Suryani yang berpasangan dengan Agus Santosa (EA) menang berdasarkan eprhitungan cepat. Pasangan itu mengalahkan lawannya nomor urut 2 pasangan Joko Santosa–Wiwaha Aji Santosa (Joswi).***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x