Golkar Dominasi Pilkada Serentak 2020, Kematangan dan Pengalaman Kader Jadi Kunci Utama

- 14 Desember 2020, 12:14 WIB
Pengamat Politik dari Universitas Khatolik Parahyangan Bandung, Asep Warlan Yusuf. /Dok. Humas Pemkot Bandung

 

GALAMEDIA - Pengamat Politik dan juga Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Parahyangan (Unpar), Asep Warlan Yusuf menilai, perhitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pilkada 2020 tidak akan jauh berbeda dengan hasil quick count sejumlah lembaga survei.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil penghitungan cepat yang telah dilakukan oleh sejumlah lembaga survei, memperlihatkan Partai Golkar mendominasi Pilkada Serentak 2020.

"Maka saya kira, meski belum ada hasil resmi dari KPU, biasanya hasil hitung cepat itu kurang lebih sama. Terutama untuk daerah pemilihan yang memiliki margin kemenangan cukup besar. Hanya untuk dapil yang selisih kemenangannya tipis, perlu dilihat lagi margin of error dari penghitungan cepat itu," ungkapnya saat dihubungi via telepon selulernya, Senin 14 Desember 2020.

Baca Juga: Bobby Nasution Mantu Jokowi Unggah Foto Bareng Anak, Tak Disangka Warganet Komentar Seperti Ini

Menurutnya secara garis besar klaim kemenangan tersebut wajar. Terlebih ada beberapa poin yang mendasari penilaian dari guru besar politik asal Bandung itu.

Dikatakannya Partai Golkar mempunyai pengalaman dan kematangan yang ada pada para kadernya. Dan itu menjadi kunci paling utama.

"Inilah ciri-ciri kader Partai Golkar yang tidak dimiliki oleh beberapa partai lain. Tentunya kematangan dan pengalaman ini berimplikasi pada hasil (pilkada)," ujarnya.

Asep juga melihat visi dan misi serta program calon yang diusung Partai Golkar sesuai dengan harapan publik.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X