Makhluk Ini Beri Tanda Datangnya Gempa dan Tsunami Dahsyat, Cek Faktanya

- 21 Desember 2020, 19:33 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. //Pixabay//Wikilmages

GALAMEDIA - Masyarakat Indonesia kembali dihebohkan dengan munculnya kabar tentang potensi gempa bumi dan tsunami dahysat yang melanda Pula Jawa.

Tsunami itu disebut-sebut memiliki ketinggian lebih dari 3 meter. Hal ini berdasarkan "Kajian Nasional Bahaya Tsunami di Indonesia" yang didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Termasuk juga oleh Australian Agency for International Development (AusAID) melalui Australia Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR).

Baca Juga: Kasus Kerumunan Demo 1812 Sudah Naik ke Tahap Penyidikan, Penyelenggara Segera Diperiksa

Berdasarkan dokumen yang dikutip, 21 Desember 2020, peta-peta tsunami di dalamnya didasarkan pada metodologi kajian bahaya tsunami secara probabilitas yang memungkinkan untuk memperkirakan ketinggian tsunami dari berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi.

Adapun 10 wilayah di Pulau Jawa yang berpeluang mengalami tsunami besar antara lain Garut, Cianjur, Ciamis, Tasikmalaya, Purworejo, Wonogiri, Blitar, Pandeglang, Sukabumi dan Kebumen.

Beberapa waktu lalu, hasil riset ahli dari ITB juga sempat mengungkap potensi gelobang tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau Jawa.

Para ahli menemukan adanya zona memanjang di antara pantai selatan pulau Jawa dan Palung Jawa. Hasil riset itu diperoleh dari penggabungan data seismik katalog BMKG dan Katalog internasional Seismological Centre (ISC).

Baca Juga: Nurul Arifin: Tindakan Negara terhadap Pemecah Belah Bangsa Sudah Tepat

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x