Tawarkan Solusi, Ahok: Enggak Ada Tuh Gara-gara Sembako Menteri Ketangkep, Kasihan Banget Gitu

- 21 Desember 2020, 20:06 WIB
Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.
Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. /Tangkapan layar - YouTube Panggil Saja BTP


GALAMEDIA - Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan platform berupa aplikasi bernama 'Jangkau'. Aplikasi ini untuk mewadahi bantuan sosial (bansos) kepada orang yang tidak mampu.

"Pemberian donasi bansos, khususnya di tengah pandemi membutuhkan penanganan cepat dan transparan. Transformasi digital sangat penting karena dapat menghasilkan proses pengadaan donasi yang lebih efisien baik dari segi waktu maupun biaya," ujar Ahok dalam diskusi virtual pada kanal Youtube Panggil Saya Ahok, Senin 21 Desember 2020.

Disebutkan, melalui platform ini dapat memudahkan orang untuk melakukan sumbangan secara online. Ia menilai, penyumbang tidak lagi bingung kepada siapa menyalurkan bantuan, dan tepat sasaran atau tidak bantuan tersebut.

"Donation ya make easy, kalo saya liat orang butuh beras dua karung beras, total paling 150 ribuan, tapi kalau saya mau mau ngirim 150 karung kemana coba? Kalo inikan langsung, mungkin inikan nanti ke orang yang di lingkungan saya, atau tetangga saya," ujarnya.

Baca Juga: Tsunami Mengancam Wilayah Pangandaran, BMKG Langsung Bergerak

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap aplikasi yang ia luncurkan bisa membantu pemerintah daerah dan kementerian juga terkait dashboard data. Sehingga kasus Menteri yang tertangkap karena penyaluran bansos atau sembako tidak terulang lagi.

"Jadi saya harap tidak terjadi tuh, gara-gara sembako menteri ketangkap gitu loh. inikan kasihan banget gitu. Dengan data dan uang yang ada ini akan semua bisa transparan, kalau semua pake teknologi," cetusnya.

Dalam diskusi yang sama, Founder BenihBaik, Andy F Noya juga menyinggung transparansi bantuan sosial yang bersifat teknologi.

"Dengan adanya teknologi seperti ini, keinginan orang yang punya power untuk nakal, menyimpang, korupsi sedikitnya menghilang atau tidak ada," kata Andy.

Baca Juga: Berani Beda, Berikut Ide Hadiah Natal Serba Orange

Aplikasi Jangkau ala Ahok ini menggaet e-commerce Blibli untuk pembelian dan pendistribusian bansos.
Lihat juga: Ramai #TangkapAnakPakLurah Terkait Gibran dan Korupsi Bansos

Sebelumnya, Menteri Sosial Juliari Batubara ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait korupsi dana bantuan sosial (bansos) Covid-19 kepada masyarakat.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x