Akses Ke Tasikmalaya Selatan Tertutup, Tiang Listrik Roboh Menimpa Jalur Utama Cipatujah

- 10 Februari 2021, 13:03 WIB
Jalur ke Tasikmalaya Selatan sempat macet akibat tiang listrik roboh menimpa jalan raya tersebut.
Jalur ke Tasikmalaya Selatan sempat macet akibat tiang listrik roboh menimpa jalan raya tersebut. /Septian Danardi
 
GALAMEDIA - Sebanyak 4 tiang listrik roboh dan salah satunya melintang ke jalan di kawasan Kampung Citamiang RT 05 RW 02, Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 10 Februari 2021.

Akibat tiang listrik menghalangi jalan, arus lalulintas menuju Kota Tasikmalaya dari Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya dan wilayah Tasikmalaya selatan tertutup. Begitu juga sebaliknya kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas.

Salah satu pengendara elf jurusan Cibalong Wawan (40) mengungkapkan, kendaraan sempat terjadi antrian dan macet hingga lebih dari 2 jam. Pasalnya tiang listrik yang roboh menutup jalan.
 
"Sejak pukul 09.00 wib akses jalan raya tidak bisa dilalui kendaraan. Sehingga terjadi kemacetan. Kondisi ini diperparah dengan cuaca hujan yang terus mengguyur sehingga menghambat petugas dalam menyingkirkan tiang listrik," katanya.
 
Baca Juga: Waspada dengan Tiktokcash!! Kominfo Segera Lakukan Pemblokiran

Warga sekitar lokasi, Adi (45) mengungkapkan, angin kencang dan hujan deras mengguyur sejak subuh. Air hujan menggerus tanah menyebabkan sebuah pohon Randu tumbang.

"Kejadian pohon tumbang akibat kondisi tekstur tanah yang sangat labil. Lalu diterjang hujan deras dan angin kencang Dahan pohon yang cukup besar mengenai sambungan jalur kabel listrik. Sehingga mengakibatkan 4 tiang listrik PLN roboh dan padam listrik," katanya.

Selain menimpa rumah warga dahan pohon dan tiang listrik yang tumbang juga menimpa jalan Nasional jalur utama dari Kota Tasikmalaya menuju ke wilayah Tasikmalaya Selatan. Menyebabkan arus lalulintas macet.
 
Baca Juga: Sering Ngantuk Saat Bekerja? Pasti Sangat Menganggu Kerjaan, Ini Solusi yang Ditawarkan

Sementara Danramil 1214/Sukaraja Kapten Arm Esa Advanisa mengatakan, tumbangnya pohon Randu mengakibatkan 4 tiang listrik PLN roboh. Kejadiannya sekitar pukul 08.30 WIB. 1 tiang listrik menimpa tempat penggergajian kayu milik Rudi (48) dan 1 tiang listrik roboh di lokasi yang menutup badan Jalan Raya.

Sehingga mengakibatkan jalan tidak bisa dilalui kendaraan selama kurang lebih 2 Jam. Sedangkan 2 tiang listrik lagi roboh dan menimpa di areal perkebunan masyarakat.

"Sekitar pukul 10.30 WIB evakuasi tiang listrik dan material pohon kayu Randu yang roboh ke badan jalan sudah bisa diatasi dan kendaraan sudah bisa dilalui kembali kendaraan. Pukul 11.00 WIB arus listrik sudah kembali menyala," katanya.
 
Baca Juga: Seollal, Tahun Baru Imlek Ala Korea Selatan, Yuk Simak Penjelasannya!

Tidak ada korban dalam peristiwa itu namun kerugian materil akibat bangunan pengergajian tertimpa tiang listrik.
 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x