Ditaksir 10 Miliar, Mengaku Pinjaman Meghan Markle Tak Juga Mengembalikan Anting Berlian Putra Mahkota Saudi

- 9 Maret 2021, 11:19 WIB
Meghan Markle, istri dari Pangeran Harry dikabarkan pernah diisolasi di Frogmore Cottage hingga tidak bisa temui ibunya sendiri.
Meghan Markle, istri dari Pangeran Harry dikabarkan pernah diisolasi di Frogmore Cottage hingga tidak bisa temui ibunya sendiri. /Instagram.com/@sussexroyal/

GALAMEDIA - Anting berlian kontroversial yang dihadiahkan kepada Meghan Markle oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) ternyata tercatat sebagai koleksi tetap sekaligus tanggung jawab The Sussex. Demikian diungkap The Mail on Sunday kemarin.

Sesuai protokol kerajaan, hadiah dari kepala negara asing secara resmi dianggap sebagai properti istana. Termasuk anting berlian seharga hampir Rp 10 miliar yang menjadi hadiah pernikahan The Sussex.

Baca Juga: Bupati Lebak Ini Siap Kirim Santet kepada Moeldoko, Muannas: Berubah Jadi Kota Santet

Sebelumnya kepada wartawan yang mengikuti  Harry dan Meghan dalam tur Fiji tahun 2018, pihak Meghan memberitahu awak media jika anting berlian tersebut merupakan pinjaman tanpa keterangan siapa kolektor perhiasan mewah tersebut.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Selasa (9 Maret 2021) Meghan dianggap sebagai hipokrit saat terungkap jika anting berlian kuning itu hadiah dari MBS.

Sebagai aktivis pembela hak-hak perempuan, ia dinilai melakukan kesalahan besar dalam diplomasi fesyen dengan mengenakan anting dari MBS yang sejauh ini dituding sebagai pelanggar HAM.

Baca Juga: Andi Arief Beberkan Rahasia Moeldoko: Beliau Tidak Tertarik Ideologisasi dalam TNI

Nama MBS ikut terseret dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi dan penahanan sejumlah aktivis perempuan Saudi.

Di luar itu kini terungkap,tak hanya dua kali mengenakannya, Meghan juga tak berniat memberikan anting MBS sebagai koleksi istana.    

Alasannya  hadiah pernikahan yang diberikan kepada anggota senior istana  tidak dipinjamkan secara konvensional dari koleksi Ratu yang dipilih lalu dikembalikan setelah digunakan.

Baca Juga: Polemik Kasus Korupsi Bansos, Aktivis Antikorupsi Tiba-tiba Sebut Tri Rismaharini, Ada Apa ya?

Sebaliknya, penerima memiliki tanggung jawab untuk menyimpan dan mengenakannya kapan saja sebelum dikembalikan pada istana setelah kematian mereka.

Selama ini anggota kerajaan biasa menggunakan perhiasan tak ternilai milik  Ratu. Misalnya Putri Beatrice yang untuk pernikahannya dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada tahun 2020 mengenakan tiara berlian Ratu Mary. 

Ratu juga meminjamkan tiara Ratu Mary lainnya kepada Meghan di hari pernikahannya. Sementara itu ada pedoman ketat tentang hadiah untuk  anggota keluarga Kerajaan.

Baca Juga: AHY Akan Memaafkan Moeldoko Atas Tindakannya yang Membuat Kekisruhan di Tubuh Partai Demokrat

Kebijakan resmi sejak 2003 menjelaskan, siapa pun harus memutuskan dengan hati-hati tentang alasan pemberian dan tidak menerimanya jika menempatkan mereka pada posisi memberikan balasan.

Salah satunya jika publikasi penerimaan hadiah secara komersial dapat menguntungkan seseorang.

Anggota keluarga istana hanya dapat menerima hadiah pribadi yang dapat mereka simpan, jika memenuhi persyaratan yang ketat.

Baca Juga: Marzuki Alie Datangi Pengadilan Negeri Jakpus Gugat AHY, Buntut Pemecatan Kader dari Demokrat  

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x