Amien Rais Tuding Ada Skenario Jokowi 3 Periode, Tjahjo Kumolo: Jangan Jumpalitan Politik Sendiri

- 15 Maret 2021, 14:47 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo.
Menpan RB Tjahjo Kumolo. /Humas Menpan RB/

GALAMEDIA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menilai tudingan pendiri Partai Ummat Amien Rais terkait tiga periode masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai "manuver murahan".

Seperti diketahui, mantan politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebutkan ada skenario amendemen Undang-undang Dasar 1945  dalam hal ketentuan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

"Kan tahun depan sudah memasuki tahapan-tahapan pemilu. Janganlah jumpalitan politik sendiri yang menuduh kemana-mana dan bisa diartikan pihak-pihak yang sebenarnya ingin, tapi menukikkan kepada orang lain, apalagi Bapak Presiden Jokowi," kata Tjahjo dalam keterangannya, Senin, 15 Maret 2021.

Baca Juga: Sinopsis Putri untuk Pangeran 15 Maret 2021: Arga Tak Kapok, Pangeran Selidiki Saksi Bayaran

Mantan Sekretaris Jenderal PDIP ini menyatakan Pemerintah saat ini sedang berkonsentrasi untuk mengatasi pandemi virus corona (Covid-19) dan memulihkan ekonomi nasional.

Di sisi lain, lanjut dia, Presiden Jokowi pun taat kepada UUD 1945.

Dengan begitu, tuduhan hendak memperpanjang masa jabatan presiden melalui amendemen UUD 1945 tersebut tidak benar.

"Bapak Jokowi taat konstitusional. Jadi gerakan atau pola-pola menjebak itu sebaiknya ditinggalkan dalam manuver politik. Bapak Jokowi, saya yakin, beliau tidak akan terjebak dengan manuver-manuver murahan tersebut," tegasnya.

Baca Juga: Genap Berusia 9 Tahun, Calon Ratu Swedia Putri Estelle Kian Menggemaskan

Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi pun menyatakan, "Jokowi bukan tipe pemimpin yang mau serakah seterusnya mau jadi presiden".

"Kami juga mendukung keinginan Presiden bapak Jokowi untuk hanya dua periode. Walaupun, dalam hati kecil saya dan saya yakin bapak, ibu, saudara sekalian, jangankan tiga periode, lima periode pun kita mau Pak Jokowi," ucapnya, dalam rekaman video pada Kongres II Projo, pada 2019, yang dikirikamnya ulang.

"Cuma persoalannya saya yakin Pak Jokowi mau meninggalkan legacy bagi bangsa ini ke depan," lanjut dia.

Baca Juga: Terungkap, Hanya Meghan Markle yang Bikin Trump Takut Dibully

Pada akun Youtube "Amien Rais Official", mantan ketua MPR itu Amien Rais menyebutkan ada upaya pembentukan opini publik untuk melakukan amendemen UUD 1945 terkait kemungkinan jabatan presiden bisa dipilih untuk tiga periode.

"Mereka akan mengambil langkah pertama, meminta sidang istimewa MPR yang mungkin satu atau dua pasal yang katanya perlu diperbaiki-yang mana saya juga tidak tahu-tapi kemudian akan ditawarkan pasal baru, yang kemudian memberikan hak bahwa presiden itu bisa dipilih tiga kali," katanya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x