Uniknya 'Batik Ironman Telorceplok' Karya Ridwan Kamil, Mampu Geliatkan UKM Pengrajin Batik di Cirebon

- 13 April 2021, 07:47 WIB
 'Batik Ironman Telorceplok' Karya Ridwan Kamil/Instagram Ridwan Kamil
'Batik Ironman Telorceplok' Karya Ridwan Kamil/Instagram Ridwan Kamil /

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa disebut Kang Emil seperti tidak ada habisnya dalam urusan inovasi dan kolaborasi. Kali ini Ridwan Kamil kembali menyampaikan salah satu hasil karyanya dalam bentuk desain batik.

Disebutkannya batik yang ia desain itu bernama 'Batik Ironman Telorceplok'. "Batik yang saya desain ini saya namai Batik Ironman Telorceplok," kata Ridwan Kamil dalam unggahannya di Instagram pribadinya Senin, 12 April 2021.

Desain batik tersebut kata dia adalah perpaduan antara megamendung dengan matahari yang dikelilingi kujang kencana berjumlah delapan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

 "Saya desain megamendung dengan pola circular, ditambahi matahari yang dikelilingi 8 kujang kencana. Diniatkan menolong para pengrajin batik Cirebon," ujar dia.

Dalam unggagan yang sama, Ridwan kamil mengatakan bahwa nama yang ia berikan untuk desain batik karyanya itu terlalu rumit bagi para pengrajin, sehingga lebih suka menyebutnya batik RK.

Baca Juga: 5 Tips Anti Haus saat Puasa, Salah Satunya Jangan Minum Kopi, Ingat!

"Tapi oleh para pengrajin cerita itu terlalu rumit. :D Mereka menamai batik ini Batik RK. Gitu aja katanya. Yo wis band," ucapnya.

Emil menjelaskan bahwa batik tersebut kini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Bahkan kata dia, batik tersebut sudah laku hingga 2.500 potong pakaian dan 6.000 lembar pola.

"Ternyata alhamdulillah jadi favorit. Terjual sudah laku 2500-an potong pakaian dan terjual kain pola sebanyak 6000 yard," jelasnya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x