Anggur Hitam Kaya Manfaat, Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan, Tapi Jangan Makan Sembarangan

- 19 Desember 2020, 15:38 WIB
Buah anggur  Hitam
Buah anggur Hitam /JillWellington/pixabay/

GALAMEDIA - Buah anggur banyak jenisnya. Seperti anggur hijau, anggur merah, dan anggur hitam. Meskipun secara garis besar, semua jenis anggur ini memang punya manfaat yang mirip untuk kesehatan.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah anggur hitam antara lain:
Kalori
Karbohidrat
Gula
Potassium
Vitamin C
Vitamin K
Magnesium
Tembaga

Baca Juga: Program Tas Bakti untuk Guru Kunjung Jabar, Bantu Guru Mengajar Tatap Muka saat Pandemi

Dikutip galamedia dari berbagai sumber: seorang dokter, dr. Devia Irine Putri menjelaskan bahwa sama halnya dengan anggur hijau dan merah, anggur hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. Anggur juga dapat dikatakan sebagai buah yang dapat mencegah kanker.

Dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah anggur, berikut beberapa manfaat anggur hitam yang baik untuk kesehatan.

1. Mencegah Radikal Bebas
“Kandungan antioksidan dalam buah anggur hitam lebih banyak ketimbang buah anggur merah dan anggur hijau. Sehingga anggur hitam baik dalam mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas,” kata dr. Devia.

Baca Juga: Sembilan Kita Wadahi Warga Kota Bandung yang Kehilangan Pekerjaan di Tengah Pandemi

2. Menurunkan Risiko Kanker
Anggur hitam memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan resveratrol. Zat resveratrol ditemukan efektif untuk mencegah penyebaran sel kanker.

3. Mengandung Antimikroba
Menurut artikel penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology, pil anggur hitam mengandung senyawa antimikroba polifenol dalam jumlah besar. Senyawa polifenol diyakini dapat mengontrol perkembangbiakan mikroorganisme patogen.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X