Pemprov Jabar Gencarkan Revitalisasi Ruang Terbuka Publik di Sejumlah Daerah

- 1 Mei 2021, 17:38 WIB
WARGA Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut menikmati suasana Ruang Terbuka Publik yang ditata Dinas Perumahan dan Pemukiman Garut.
WARGA Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut menikmati suasana Ruang Terbuka Publik yang ditata Dinas Perumahan dan Pemukiman Garut. /Humas Pemkab Garut/

GALAMEDIA - Keberadaan ruang terbuka publik (RTP) diyakini akan berdampak positif terhadap masyarakat. Beberapa di antaranya bisa meningkatkan wawasan, kreativitas, hingga, produktivitas warga.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat, Boy Iman Nugraha mengatakan Pemprov Jawa Barat di bawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil berupaya meningkatkan kreativitas dan produktivitas masyarakat dengan merevitalisasi RTP di seluruh kabupaten kota.

Selain itu, hal inipun dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kearifan lokal warga di masing-masing daerah.

Dengan adanya ruang terbuka yang bisa diakses siapapun, pihaknya meyakini interaksi sosial masyarakat akan terbangun.

"Bisa untuk rekreasi, atau sebagai ruang berekspresi masyarakat. Di hampir semua daerah, ruang terbuka publik atau alun-alun ini sesuai dengan historis perkembangan kotanya," ungkapnya di Kota Bandung, Sabtu, 1 Mei 2021.

Baca Juga: Jenazah Korban Covid-19 Telah Dimakamkan Di TPU Cikoneng, hingga Saat Ini Sudah Mencapai 156 Orang

Menurutnya melalui RTP ini, diharapkan adanya aktivitas yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab, ruang terbuka yang representatif mampu meningkatkan indeks kebahagiaan warga.

"Dengan begitu, imun kesehatan warga juga akan meningkat. Dengan kondisi yang sehat, diharapkan kreativitas dan produktivitas warga akan meningkat. Serta berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi," terangnya.

Lebih jauh, pihaknya menganggarkan untuk revitalisasi RTP baik yang lahannya milik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X