Bupati Bandung Optimistis Air Sungai Citarum Bisa Diminum

- 29 Mei 2021, 14:55 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna melepas burung di acara Apresiasi Penetapan Hari Citarum di Bendungan Radug Wangisagara Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Sabtu, 29 Mei 2021./Engkos Kosasih/Galamedia
Bupati Bandung Dadang Supriatna melepas burung di acara Apresiasi Penetapan Hari Citarum di Bendungan Radug Wangisagara Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Sabtu, 29 Mei 2021./Engkos Kosasih/Galamedia /

GALAMEDIA - Bupati Bandung Dadang Supriatna merasa optimis, dalam beberapa tahun ke depan air dari DAS Citarum bisa dijadikan bahan baku air minum untuk masyarakat Kabupaten Bandung.

Ia juga akan memprogramkan Sungai Citarum menjadi awal pengambilan air, yang disalurkan ke permukiman dan perindustrian.

Hal itu disampaikan bupati di sela acara Apresiasi Penetapan Hari Citarum di Bendungan Radug Wangisagara Kecamatan Majalaya, Sabtu, 29 Mei 2021.

Baca Juga: 5 Artis yang Mengaku Pernah Jalani Operasi Plastik, Paling Mahal Siapa?

"DAS Citarum ini sangat luar biasa. Saya melihat kondisi di hulu, yaitu Situ Cisanti air terlihat bersih," katanya.

"Tapi saat datang ke hilir terjadi pencemaran. Namun sejak tahun 2016, setelah ada kepedulian lingkungan melalui gerakan melawan limbah, Alhamdulillah hampir 80 persen kondisinya sudah mulai normal kembali," lanjut Dadang.

Dalam kesempatan kunjungannya ke beberapa perusahaan penghasil limbah industri, Dadang sudah tidak menemukan limbah yang dibuang secara langsung ke sungai.

"Semuanya sudah menggunakan ipal (instalasi pengelolaan air limbah) yang dirawat dan dipelihara. Mudah-mudahan pencemaran tidak terjadi lagi di DAS Citarum," harapnya.

Baca Juga: Lakukan Penangkapan, Novel Baswedan Ungkap Aparat Negara Malah Todongkan Senjata Terhadap Tim Lapangan KPK

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x