Ema Ajak Warga Kota Bandung Disiplin Prokes Supaya PTMT Bisa Dilaksanakan

- 15 Juni 2021, 21:40 WIB
Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna.
Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna. /Hj. Ati Suprihatin/

GALAMEDIA - Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengajak warga Kota Bandung untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

Ajakan tersebut disampaikan saat meninjau uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Bandung, Selasa (15 Juni 2021).

Ema mengatakan, di tengah persiapan PTMT, ternyata kasus Covid-19 di Kota Bandung menunjukkan kecenderungan meningkat. Salah satu indikasinya adalah, angka keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) yang bergerak di angka 90 persen mendekati 100 persen.

Baca Juga: Tegas! Politisi PSI Sebut Kasus Pinangki Mencoreng Lembaga Penegak Hukum Hingga Terus Menularkan Kerusakan

"Menjadi sesuatu yang sangat ironis dan kontra-produktif jika PTMT akan dilaksanakan tapi di satu sisi Covid-19 sedang memuncak," kata Ema yang juga melakukan monitoring PTMT di SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 5.

Sesuai dengan rencana pemerintah pusat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melaksanakan PTMT pada 19 Juli mendatang. Namun Ema mengatakan, pelaksanaan PTMT akan sangat tergantung dengan kondisi terkini terkait Covid-19 dan diatur oleh Surat Keputusan Wali Kota Bandung.

"Jadi kalau pun pilihannya nanti ditunda, itu perlu ada pemahaman. Ini masalah waktu. Kita tidak mungkin memaksakan. Apalagi ada kekhawatiran muncul klaster sekolah. Jangan sampai nantinya malah saling menyalahkan," kata Ema.

Baca Juga: Dapat Potongan Hukuman 6 Tahun, Jaksa Pinangki Jadi Trending Topic: Koruptor Cantik, Hakim Tersipu Malu

Saat ini, lanjut Ema, kasus Covid-19 sedang memuncak. "Ngeri kalau kembali seperti di Februari lalu, dampak dari Natal dan Tahun Baru. Saat ini usai Idulfitri kenaikan mulai terjadi. Sebelumnya pas Idulfitri, BOR di angka 56,83 sekarang sudah diatas 90," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X