5 Negara Paling Damai di Dunia, Penuh Konflik Internal, Indonesia di Peringkat Berapa?

- 6 Juli 2021, 15:22 WIB
Pemandangan alam di Selandia Baru. Sejak tahun 2017, negara ini dinobatkan sebagai  negara paling damai di dunia.
Pemandangan alam di Selandia Baru. Sejak tahun 2017, negara ini dinobatkan sebagai negara paling damai di dunia. /Pixabay/MartinStr


GALAMEDIA – Tingkat kedamaian memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan sosial, ekonomi, dan politik pada suatu negara.

Negara yang damai cenderung lebih mudah berkembang dibandingkan dengan negara yang sering terjadi konflik di dalamnya.

Institute for economic and peace alias IEP adalah sebuah lembaga penelitian internasional non pemerintah yang melakukan penelitian dan advokasi terhadap isu ekonomi serta perdamaian negara-negara di dunia.

Aset utama dari IEP adalah Global Peace Index (GPI) alias indeks perdamaian dunia, yang saat ini dianggap sebagai tolak ukur dalam mengukur perdamaian.
Sejak tahun 2017, GPI menggunakan 23 indikator untuk menilai tingkat kedamaian suatu negara.

Baca Juga: JPU Tak Ajukan Kasasi Atas Hukuman Jaksa Pinangki, Jurnalis Ini Malah Ajak Warganet Tertawa Bersama

Dilansir melalui Youtube INVOICE INDONESIA, berikut adalah lima negara dari 163 negara paling damai di dunia bedasarkan GPI.

5. Denmark

Denmark sempat menempati peringkat dua sebagai negara paling damai di dunia pada 2011 hingga 2016. Namun pada tahun 2017 hingga saat ini, Denmark merosot ke peringkat lima.

Negara ini mendapatkan nilai sebesar 1.283 dalam indeks perdamaian dunia. Salah satu negara Skandinavia di Eropa Utara ini mendapatkan nilai baik pada beberapa indikator, seperti tingkat kejahatan rendah, stabilitas politik tinggi, kebebasan pers dan lainnya.

4. Austria

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x