Sri Mulyani Masih Optimis Indonesia Jadi Negara Maju dan Keluar dari Lower-Middle Income di 2045

- 4 Agustus 2021, 20:19 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. /Foto: kemenkeu.go.id/Humas/

GALAMEDIA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati tetap optimis Indonesia bakal keluar dari jebakan negara berpendapatan rendah menengah (lower-middle income) dan menjadi negara maju pada 100 tahun hari kemerdekaan, yakni tahun 2045.

Sri Mulyani menilai, peluang Tanah Air menjadi negara maju masih bisa dicapai sesuai target meski ekonomi nasional tengah tertekan akibat lonjakan kasus Covid-19.

Dia juga mengaku telah mempelajari penyebab Indonesia terjebak sebagai negara lower-middle income.

“Fenomena ini sudah dipelajari dan kita tahu apa yang menyebabkan negara stuck di middle income,” ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu, 4 Agustus 2021.

Baca Juga: Pria Coba Bunuh Diri Diduga Gara-gara Kecewa PPKM, Wali Kota Bandung: Menyesalkan dan Prihatin

Penyebaran varian Delta Covid-19, kata Sri Mulyani, memang telah mengubah arah proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Semula, pihaknya memperkirakan ekonomi nasional bisa pulih cepat mulai 2021.

“Varian Delta ini yang mengharuskan kita untuk melakukan adjustment atau penyesuaian melalui pembatasan yang tentu nanti juga berpengaruh ke pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Kendati demikian, Menkeu menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menyerah pada revisi pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk tahun ini yang bahkan telah diturunkelaskan oleh lembaga domestik maupun internasional.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani menjelaskan pemerintah akan tetap fokus pada perbaikan fundamental (mendasar) di dalam negeri.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x