PPKM Level 4 Diperpanjang Setahun Tak Bakal Diprotes, Pengamat Hukum Internasional: Kekuasaan Tanpa Batas

- 10 Agustus 2021, 09:15 WIB
Ilustrasi. Layar elektronik menampilkan himbauan protokol kesehatan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin, 9 Agustus 2021.
Ilustrasi. Layar elektronik menampilkan himbauan protokol kesehatan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin, 9 Agustus 2021. /Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

 

GALAMEDIA - Pemerintah telah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Senin, 9 Agustus 2021. Sehingga pelaksanaan PPKM ini telah berlangsung lebih dari sebulan dari sebelumnya menggunakan istilah PPKM Darurat yang mulai berlangsung 3 Juli 2021.

Bahkan apabila dirunut sebenarnya PPKM jilid pertama berlangsung sejak 11 hingga 25 Januari 2021. Ini diterapkan di tujuh provinsi di Jawa dan Bali, yakni Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Kemudian PPKM jilid kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Setelah dilaksanakan selama dua jilid dan hasilnya tidak efektif, PPKM diubah menjadi PPKM berbasis mikro sejak tanggal 9 hingga 22 Februari 2021. Sama seperti sebelumnya, PPKM mikro diberlakukan di sejumlah wilayah di tujuh provinsi.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 10 Agustus 2021: Bentak Mama Rosa, Elsa Ngaku Tak Menyesal Bunuh Roy

Hal tersebut berlangsung hingga mulai diterapkannya PPKM Darurat pada 3 - 25 Juli 2021.

Pengamat Hukum Internasional, Hasmi Bakhtiar menilai PPKM Level 4 kalaupun diperpanjang selama setahun tidak bakal diprotes masyarakat.

"Mau diperpanjang setahun juga gak ada yang protes. Indahnya jadi eksekutif di Indo, kekuasaan tanpa batas," ujarnya pada akun twitter @hasmibakhtiar, Senin malam, 9 Agustus 2021.

Cuitannya menanggapi pernyataan praktisi hukum, Dusri Mulyadi, yang menilai PPKM Level 4 bakal diperpanjang setiap pekan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x