Pengerukan Sungai Cikeruh, Empat Jembatan Harus Dibongkar dan Ditinggikan

- 11 Agustus 2021, 13:16 WIB
Alat berat backhoe diturunkan untuk menormalisasi Sungai Cikeruh di Kampung Buah Dua Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek, Rabu 11 Agustus 2021.
Alat berat backhoe diturunkan untuk menormalisasi Sungai Cikeruh di Kampung Buah Dua Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek, Rabu 11 Agustus 2021. /Engkos Kosasih

 

GALAMEDIA - Sejumlah warga terlihat antusias menyaksikan normalisasi Sungai Cikeruh di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, pada Rabu 11 Agustus 2021.

Diketahui, sejumlah warga ikut berpartisipasi menghibahkan lahannya untuk mendukung pengerjaan normalisasi tersebut, di antaranya untuk pelurusan aliran air sungai.

Selain itu, banyak warga yang mengikhlaskan pohon tegakan yang ada di pinggir sungai untuk ditebang guna mengosongkan lahan yang akan digunakan untuk pembuangan tanah dari pengerjaan pengerukan endapan lumpur pada aliran sungai.

Baca Juga: 80 Tahun Jadi Spekulasi Batman, Rilis Teranyar DC Comics Ungkap Robin Kencani Pria Juga

Optimalisasi pengerukan Sungai Cikeruh itu dengan memanfaatkan anggaran CSR (corporate social responsibility) dari sejumlah pabrik yang tersebar di Kecamatan Rancaekek dan sekitarnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah warga terlihat menebang pepohonan yang ada di bantaran sungai. Selain ada juga warga yang membongkar sebagian rumahnya . Tetapi masih banyak pepohonan yang belum ditebang oleh warga untuk memudahkan akses alat berat backhoe melintasi bantaran Sungai Cikeruh.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Yayat Sudayat mengungkapkan ada sejumlah warga yang berharap ada alat berat pendukung yaitu bakchoe amfibi untuk pengerukan sungai tersebut. Supaya pengerjaan pengerukan sungai itu tidak sampai berdampak kepada rumah warga yang berdekatan dengan bantaran sungai.

Baca Juga: Jokowi Ingin Indonesia Memproduksi Mobil Listrik Sendiri, Iwan Januar: Mobil Esemka Aja Dulu

"Harapan warga menggunakan alat berat backhoe amfibi, supaya tidak berdampak pada rumah saat melakukan pengerukan Sungai Cikeruh. Soalnya, di pinggir sungai itu banyak rumah warga yang berdekatan dengan bantaran sungai," kata Yayat Sudayat.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x