Ridwan Kamil: Semua Boleh Buka, Tapi Tetap Jaga 5M

- 13 Agustus 2021, 18:40 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. /Pipin/Biro Adpim Jabar/

GALAMEDIA - Angka keterisian tempat tidur perawatan pasien Covid-19 atau Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Barat kembali landai. Pada Jumat, 13 Agustus 2021, BOR berada di angka 34 persen.

Karena itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berharap, provinsi yang dipimpinnya sudah melewati puncak gunung kedaruratan Covid-19, terutama ketika BOR mencapai angka 91 persen pada tanggal 28 Juni 2021 lalu.

"Sekarang sudah turun tinggal sepertiganya, yakni kembali ke 34 persen," ujar Emil, usai menghadiri Program Vaksinasi Covid-19 Jabar Quick Response di GOR Saparua Bandung, Jumat, 13 Agustus 2021.

Baca Juga: WNA China Jadi Tukang Catat Barang di Purwakarta, Dedi Mulyadi Geleng-geleng Kepala

Dengan capaian itu, Emil mengatakan, Jabar akan menggencarkan vaksinasi Covid-19. Apalagi, pada akhir 2021 ditargetkan kekebalan kelompok atau herd immunity dapat tercapai dan masyarakat mulai hidup beradaptasi.

"Covid-19 tidak akan hilang dalam hidup kita, itu dugaan saya. Tapi kita tidak lagi dalam kecemasan dengan skala pandemi, tidak ada lagi kedaruratan yang membuat kita susah ekonomi. Yang ada adalah semua usaha boleh buka, sekolah boleh buka, tapi tetap pakai masker, selama 5 M. Selama 5 M dijaga," kata Gubernur yang akrab disapa Emil itu.

Baca Juga: Uu Tinjau Penerapan Prokes di Mal

Dikatakan Emil, ketika kedaruratan sudah terlewati, warga Jawa Barat harus tetap disiplin menerapkan kebiasaan baru seperti tetap memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun dan tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan mendesak.***

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah