Polemik Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih, MUI Minta Pemerintah Tak Diskriminatif

- 26 Agustus 2021, 22:04 WIB
Ilustrasi vaksinasi. MUI merekomendasikan sejumlah hal terkait penanganan Covid-19, termasuk soal Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih.
Ilustrasi vaksinasi. MUI merekomendasikan sejumlah hal terkait penanganan Covid-19, termasuk soal Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih. /Pexels/Artem Podrez

GALAMEDIA - Sejumlah rekomendasi bagi pemerintah dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Rekomendasi itu juga menyinggung soal posisi Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih yang masih menjadi polemik.

Rekomendasi diputuskan berdasarkan hasil Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) pertama yang berlangsung sejak Rabu-Kamis, 25-26 Agustus 2021.

"MUI melalui Mukernas pertama dengan tema 'Penguatan Peran Ulama, Umara, dan Umat dalam Menghadapi Masalah Bangsa' mengeluarkan rekomendasi terkait berbagai persoalan keumatan, kebangsaan, dan kenegaraan," terang Sekjen MUI Amirsyah Tambunan di Jakarta, Kamis, 26 Agustus 2021.

Baca Juga: Grand Final MasterChef Indonesia Season 8, Intip Deretan Bisnis Jesselyn Lauwreen dan Nadya Puteri

Baca Juga: Lord Adi Posting Caption Aneh Jelang Grand Final MasterChef Indonesia Season 8, Netizen: Perlu Sherlock Holmes

Rekomendasi pertama, kata Amirsyah, pemerintah mesti mengambil langkah yang tepat dan hati-hati serta terukur dalam mengatasi masalah wabah virus corona penyebab Covid-19 dan dampaknya.

MUI menilai masih tingginya angka penularan di sejumlah daerah disebabkan kurang disiplinnya penegakan protokol kesehatan oleh aparat pemerintah dan kesadaran masyarakat yang masih rendah, sehingga dikhawatirkan pandemi tidak kunjung berakhir.

Kemudian, MUI mengusulkan agar mengevaluasi penerapan dan pelaksanaan PPKM Darurat di lapangan dan dampaknya terhadap berbagai dimensi kehidupan masyarakat dengan memperhatikan aspirasi umat, keselamatan jiwa dan optimalisasi jaring pengaman sosial.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x