Di Masa Pandemi, Sektor UMKM Jadi Penggerak Kebangkitan Ekonomi

- 30 Agustus 2021, 19:09 WIB
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir memborong produk olahan yang dijual di Gerai UMKM di Lobby IPP, Sumedang,  Senin 30 Agustus 2021.
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir memborong produk olahan yang dijual di Gerai UMKM di Lobby IPP, Sumedang, Senin 30 Agustus 2021. /Ade Hadeli/Galamedia///

GALAMEDIA - Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai memiliki potensi besar sebagai penggerak kebangkitan ekonomi di Kabupaten Sumedang, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Demikian disampaikan Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, saat membuka acara Gerai UMKM bertempat di Lobby Gedung Induk Pusat Pemerintah Kabupaten Sumedang, Senin 30 Agustus 2021.

Menurut Bupati, kegiatan itu merupakan salah satu ikhtiar untuk mendorong pemasaran produk UMKM yang diinisiasi Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian bersama Forum UMKM Kabupaten Sumedang.

Gerai UMKM tersebut merupakan upaya konkret Pemerintah Daerah dalam memajukan dan mengembangkan produk UMKM di Sumedang terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ketua Dewan Pembina Parfis Shibir Rachmat Aslam Anis Buka Kantor Hukum di Bandung

"Kegiatan ini diharapkan dapat memacu pemulihan ekonomi daerah. Untuk itulah kita berusaha agar produk UMKM terpasarkan dengan baik, sehingga masyarakat mudah untuk mendapatkannya. Dan Pemerintah Daerah memberikan tempat khusus, seperti di lobby ini," ujarnya.

Berbagai produk unggulan UMKM Sumedang yang dipajang di Lobby IPP itu, diantaranya makanan olahan, kerajinan, sepatu, batik dan yang lainnya . Diharapkan barang-barang tersebut akan banyak yang melihat dan mengundang pembeli.

Apalagi, kualitas produk UMKM di Sumedang sebenarnya tidak kalah dengan produk-produk ternama lainnya. Oleh karena itu, ia optimistis UMKM di Sumedang akan semakin maju dan tetap eksis sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

"Karena banyak UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, saya menghimbau dan menyarankan agar menggunakan produk UMKM Sumedang seperti terlihat di lobby IPP. Kalaupun ingin membeli lebih banyak, bisa langsung ke tempat produksinya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah