Tsunami Setinggi 22 meter Ancam Pacitan, Mensos Risma: Hanya Sekitar 20 Menit Untuk Menyelamatkan Diri

- 11 September 2021, 17:15 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /Ig0rZh/Pixabay

GALAMEDIA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana gempa bumi dan tsunami yang berpotensi terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Risma bersama masyarakat Pacitan menyelenggarakan simulasi tanggap bencana serta memperagakan evakuasi ke dataran tinggi dengan waktu yang diperhitungkan hanya sekitar 20 menit untuk menyelamatkan diri.

"Simulasi dilakukan di Pacitan karena di daerah ini diperhitungkan paling tinggi dampak dari bencana. Mudah-mudahan tidak terjadi, tapi kalau memang terjadi diharapkan dampaknya bisa diminimalkan," kata Risma di Dermaga Tamperan dalam keterangannya, Sabtu, 11 September 2021.

Risma dalam kesempatan itu menekankan kepada Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk memastikan lebih detil jalur evakuasi, serta kecepatan evakuasi warga saat bencana terjadi.

Risma juga berpesan kepada pemerintah daerah dan pilar-pilar sosial untuk memperhatikan serius penyelamatan terhadap kelompok rentan, termasuk lanjut usia dan para penyandang disabilitas.

Baca Juga: Persita vs Persib Umum Minta Bobotoh Tetap Nonton di Rumah, Ini Link Live Streaming-nya

"Kasih titik di mana saja mereka tinggal. Ini akan memudahkan evakuasi," kata Risma.

Dalam kesempatan tersebut, Risma bersama Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menuju titik-titik evakuasi yang ditentukan.

Risma memimpin pertemuan kecil memverifikasi peta data dengan kondisi lapangan di pinggir sungai di kawasan Dusun Babakan, Desa Kembang.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x