Program JKN-KIS Buat Wanita Muda Ini Tenang Jalani Tiga Kali Persalinan

- 17 Oktober 2021, 16:35 WIB
Tri Yuliani
Tri Yuliani /BPJS Kesehatan./

GALAMEDIA - Banyak masyarakat Indonesia yang telah merasakan manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), baik yang muda maupun lanjut usia atau dari penyakit ringan hingga penyakit berat sekalipun.

Program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan ini menjamin seluruh pengobatan, termasuk persalinan.

Hal inilah yang dirasakan oleh Tri Yuliani (27), seorang ibu rumah tangga yang kini tengah membesarkan tiga buah hatinya.

Tri membeberkan bahwa Program JKN-KIS sangat membantu dirinya saat menjalani tiga kali proses persalinannya. Sebagai seorang wanita, tentunya Tri sangat ingin menjalani proses persalinan secara normal. Namun dikarenakan adanya suatu hal, akhirnya dirinya harus menjalani persalinan caesar.

“Dari persalinan anak pertama saya di tahun 2018 itu sudah caesar, begitu juga anak kedua dan ketiga. Untuk persalinan yang pertama, saya dan suami sempat menyiapkan biaya saat dipastikan harus caesar, tapi kami bersyukur akhirnya uang tersebut bisa ditabung dan dimanfaatkan untuk keperluan lain. Semua biaya persalinan sudah dijamin Program JKN-KIS,” katanya kepada Tim Jamkesnews pada Kamis, 30 September 2021.

Baca Juga: 25 Persen Lansia di Indonesia Beresiko Mengalami Anemia

Tri terdaftar sebagai peserta JKN-KIS yang ditanggung dari tempat suaminya bekerja, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Dengan mengantongi JKN-KIS, ia dan keluarga tidak merasa khawatir dan tidak perlu memikirkan biaya yang harus dibayarkan dalam setiap proses persalinannya.

“Untuk persalinan caesar tentunya dilakukan di rumah sakit, berbeda dengan persalinan normal. Dulu kami sempat wanti-wanti menyiapkan biaya 25-30 juta untuk biaya caesar. Ternyata dengan adanya JKN-KIS ini, kami merasa sangat terbantu. Bukan hanya meringankan biaya, tetapi JKN-KIS mengcover ketiga persalinan caesar saya. Ketika sudah waktunya, prosedur pengurusan administrasi pun cukup singkat. Setelah mendapat rujukan dari klinik pratama dimana saya terdaftar, langsung menuju rumah sakit yang ditunjuk dan dilayani dengan sangat baik,” cerita Tri.

Baca Juga: Persib Tengah Berduka Saat Taklukkan Bhayangkara FC 2-0: Kami Memasang Pita Hitam

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x