Kebijakan Terbaik Jokowi Menurut Epidemiolog UI: Tunjuk Luhut Pimpin PPKM dan Angkat Budi Gunadi Jadi Menkes

- 20 Oktober 2021, 20:22 WIB
Potret Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Potret Presiden Joko Widodo (Jokowi). /BPMI Setpres



GALAMEDIA - Bulan Oktober ini, genap dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf).

Bagi Jokowi, tahun 2021 ini adalah tahun ketujuh memimpin Indonesia jika dihitung sejak dirinya terpilih menjadi Presiden pada 2014 silam.

Namun demikian, setahun pasca terpilih sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi-Ma'ruf harus menghadapi tantangan pandemi yang menyerang sejak 2020.

Sebab itu, berbagai kebijakan yang paling mendominasi dalam kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf belakangan ini adalah terkait dengan penanganan pandemi Covid-19.

Bertepatan dengan dua tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf, Epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono memberikan pernyataan.

"Hari ini Jokowi-Ma'ruf Amin sudah 2 thn memimpin Indonesia," tulis Pandu dalam cuitannya dilihat Galamedia Rabu, 20 Oktober 2021.

Baca Juga: Minta Jenderal LSP Tindak Langsung Polisi Nakal, Guru Besar IPB Impikan Kapolri Berwatak Seperti Mensos Risma

Meskipun dalam sektor lain dua tahun kepemimpinan Jokowi dan Ma'ruf Amin menuai catatan merah dari beberapa pihak, namun kata Pandu, Jokowi jelas memiliki keputusan terbaik di masa kepemimpinannya periode kedua ini.

Kebijakan terbaik Jokowi menurutnya adalah menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan dan juga menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator PPKM untuk mengendalikan pandemi.

"Keputusan terbaik @jokowi: mengangkat Pak @BudiGSadikin sebagai MenKes yg kejar cakupan vaksinasi & menunjuk Pak @kemenkomarves untuk memimpin penanganan Pandemi dan Implementasi PPKM Jawa-Bali & non Jawa-Bali," sambung Pandu Riono.

Baca Juga: Elektabilitas Partai Demokrat Melesat, PSI Masuk 10 Besar Hingga Geser PKS

Seperti diketahui, Budi Gunadi Sadikin diangkat menjadi Menkes pada 23 Desember 2020 menggantikan Terawan Agus Putranto.

Sementara Luhut, selama ini beberapa kali dipercaya Jokowi untuk memimpin berbagai kebijakan strategis termasuk PPKM guna mempercepat penanganan pandemi Covid-19.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x