45 Tahun Menanti Kelahiran Anak, Perempuan Paling Bahagia di Dunia Jadi Ibu di Usia 70 Tahun

- 22 Oktober 2021, 13:27 WIB
Old mom/jampress rareshotnews DailyMail
Old mom/jampress rareshotnews DailyMail /

GALAMEDIA - Tak putus berharap menjadi ibu, seorang wanita India dikaruniai anak pertamanya pada usia 70 tahun.

Jivunben Rabari dan suaminya, Maldhari (75) dengan bangga mengenalkan putra kepada wartawan. Sang buah hati lahir berkat prosedur IVF.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Jumat 22 Oktober 2021, sebelum Rabari, ada  Erramatti Mangayamma yang juga menjadi ibu di usia 74 tahun setelah kelahiran dua putri kembar pada September 2019.

Baca Juga: Baru di Update Harga Emas di Pegadaian Hari Ini 22 Oktober 2021: Antam dan UBS Naik

Pasangan Rabari dan Maldhari yang berasal dari desa kecil Mora di Gujurat, India telah menikah selama 45 tahun dan puluhan tahun keduanya mencoba untuk memiliki keturunan.

Mereka akhirnya bisa memiliki anak melalui IVF, prosedur pembuahan yang  efektif bagi perempuan yang telah menopause.

Dokter keduanya Naresh Bhanushali mengatakan apa yang disaksikannya adalah salah satu kasus paling langka.

Baca Juga: 2 Tahun Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf, Fadli Zon Luncurkan Buku Jubir Rakyat: Melawan Konsolidasi Oligarki

“Ketika pertama kali datang ke rumah sakit kami menegaskan bahwa mereka tidak dapat memiliki anak di usia yang begitu tua, tetapi mereka bersikeras,” kenangnya.

"Mereka mengatakan banyak anggota keluarga mereka yang bisa melakukannya. Ini salah satu kasus paling langka yang pernah saya lihat,” lanjutnya.

Peluang seorang wanita di usia 70-an untuk hamil secara alami hampir nol karena kebanyakan wanita mengalami menopause antara akhir 40-an dan awal 50-an.

Baca Juga: Amanda Manopo Raih Penghargaan di Seoul International Drama Awards 2021, Penggemar: Proud of You

Tetapi American Society of Reproductive Medicine (ASRM) mengklaim setiap wanita di segala usia dapat hamil dengan bantuan medis asalkan dia memiliki rahim yang normal, bahkan jika tidak lagi memiliki ovarium sekalipun.

Salah satu caranya dengan menggunakan sel telur donor wanita yang jauh lebih muda dan dibuahi di luar tubuh dengan menggunakan sperma pria.

Embrio kemudian ditempatkan di dalam rahim calon ibu. Sejauh ini ada beberapa contoh wanita berusia 60-an dan 70-an yang berhasil memiliki anak melalui IVF di India.

Baca Juga: Hollywood Terguncang, Alec Baldwin Bunuh Sinematografer di Tengah Syuting Film Rust

Mangayamma diyakini sebagai wanita tertua di dunia yang melahirkan setelah menyambut anak kembarnya melalui bayi tabung di usia 74 tahun.

Mangayamma disebut melahirkan anak perempuan kembar dalam sebuah keajaiban medis pada 5 September 2019, setelah proses IVF yang melibatkan sel telur donor dan sperma suaminya.

Pensiunan dari negara bagian Andhra Pradesh itu mengaku terinspirasi  mencoba IVF setelah tetangganya yang berusia 55 tahun bisa mengandung secara alami.

Baca Juga: BREAKING NEWS Malang Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo

Dia dan suaminya Sitarama Raja Rao yang saat itu berusia 82 tahun, menyambut buah hatinya setelah 57 tahun menikah tanpa anak.

“Aku perempuan  paling bahagia di dunia. Tak bisa diungkapkan apa yang kurasakan. Putri kembarku melengkapi hidup kami. Penantian enam puluh tahunku berakhir,”ujarnya.

Mangayamma melahirkan di klinik IVF Ahalya. Dokter yang menangani, Umashankar mengatakan meski kaget dengan keinginan Mangayamma tetapi dirinya menganggap mimpi pasiennya itu sebagai tantangan.

Baca Juga: Masak apa hari ini? Bistik Lidah Sapi Yuk! Ini Cara Buatnya

Mangayamma mengandung pada Januari 2019 setelah IVF pertamanya. Dia dirawat di rumah sakit selama kehamilan di bawah pengawasan tim yang terdiri dari sepuluh dokter.

Kelahiran putri Mangayamma mengakhiri julukan ibu tertua di dunia yang sebelumnya terdaftar dalam Guinness World Records atas nama  Maria del Carmen Bousada de Lara.

Maria berusia 66 tahun 358 hari ketika melahirkan bayi kembarnya, Christian dan Pau pada Desember 2006.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x