Jangan Lengah! Lindungi Diri dari Ancaman Gelombang ke Tiga Covid-19

- 30 Oktober 2021, 08:39 WIB
Ilustrasi prokes Covid-19. Masyarakat diminta jangan lengah, tetap menerapkan prokes untuk menghindari gelombang ke tiga Covid-19.
Ilustrasi prokes Covid-19. Masyarakat diminta jangan lengah, tetap menerapkan prokes untuk menghindari gelombang ke tiga Covid-19. /KalusHausmann/PIXABAY

GALAMEDIA - Dalam beberapa pekan terakhir, tren kasus Covid-19 di Indonesia semakin menurun. Penerapan level PPKM di berbagai daerah juga diturunkan.

Penambahan kasus harian Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir juga menunjukkan angka yang tak mengkhawatirkan.

Seperti contoh pada Jumat, 29 Oktober 2021. Kemarin, kasus positif Covid-19 'cuma' bertambah 683 orang. Jumlah ini menurun dibandingkan penambahan di hari sebelumnya yang mencapai 723 kasus.

Apakah Covid-19 mulai hilang dan pandemi segera berakhir? Ancaman gelombang ke tiga ternyata sudah di depan mata. Setidaknya begitu disampaikan oleh banyak ahli.

Namun, masyarakat Tanah Air diimbau untuk tidak panik. Ada cara jitu yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi datangnya gelombang ke tiga Covid-19.

Baca Juga: Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru Resmi Dihapus, ASN Dilarang Bepergian ke Luar Daerah

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas dapat mencegah terjadinya gelombang ke tiga Covid-19.

"Kita harus tetap antisipasi bahwa setiap ada liburan panjang, ada hari raya yang disertai dengan mobilitas masyarakat yang tinggi, disertai kedisiplinan masyarakat terhadap Prokes yang rendah, biasanya akan membuat kasus di masyarakat meningkat kembali," papar Reisa dalam sebuah diskusi virtual, baru-baru ini.

Reisa pun mengatakan, masyarakat tak boleh bereuforia saat kasus Covid-19 di Indonesia melandai.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x