Melebih HET, Harga Minyak Goreng Curah Saat Ini Capai Rp 18.000 per kg

- 2 November 2021, 17:23 WIB
Minyak Goreng Curah terus melonjak tinggi harganya.
Minyak Goreng Curah terus melonjak tinggi harganya. /Zonapriangan.com/Rachmat Iskandar ZP

GALAMEDIA - Harga minyak goreng curah di Kota Bandung mengalami kenaikan sejak beberapa hari. Hal ini dipicu oleh harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) dunia yang mengalami kenaikan.

Saat ini, harga minyak goreng curah di Kota Bandung mencapai Rp 18.000/kilogram, dari HET (harga eceran tertinggi) Rp 12.500/kilogram.

"Memang kalau harga minyak goreng mengikuti harga minyak mentah. Sekarang kan harga minyak mentah dunia sedang naik, tidak hanya di Indonesia. Jadi minyak mentah di dunia naik, nah jadi kalau CPO naik otomatis minyak gorengnya naik," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, Selasa, 2 November 2021.

Saat ini, kata Elly, HET minyak goreng saat ini sebesar Rp12.500/kilogram. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 7 Tahun 2020. "Sekarang harga minyak goreng curah saja Rp 18.000/kilogram," ungkapnya.

Baca Juga: Sekda Jabar Resmikan Poliklinik BPJS dan Rawat Inap RSUD Al-Ihsan

Pihaknya, kata Elly, rutin melakukan monitoring harga bahan pokok setiap Kamis.
"Beberapa hari kemarin, Kamis pekan kemarin kami bergerak ke lapangan, nanti ke lapangan hari Kamis lagi," terangnya.

Pihaknya, kata Elly, sudah berkoordinasi dengan Bulog Bandung terkait operasi pasar. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada keputusan terkait operasi pasar ini.

"Kita sedang jajaki operasi pasar dengan Bulog. Hari ini (kemarin, red) mereka rapat internal dan melihat stok minyak kemasan," terangnya.

Dikatakannya, minyak goreng curah sudah tidak diperbolehkan lagi pada Tahun 2022 dan harus sudah dalam bentuk kemasan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x