Bisa Pengaruhi Keabsahan Beribadah, Komisi Dakwah PBNU Imbau Konsumsi Produk Lokal yang Halal

- 16 Desember 2021, 18:38 WIB
Ilustrasi produk halal.
Ilustrasi produk halal. /pixabay

 


GALAMEDIA - Wakil Ketua Komisi Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Misbahul Munir Kholil MA mengimbau masyarakat Indonesia terutama beragama Islam untuk menggunakan barang yang dihasilkan produsen lokal yang halal.

KH Misbahul Munir yang juga Ketua Kajian Halaqoh PBNU dan pakar Ajaran Aswaja mengatakan, penggunaan produk lokal yang sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga dapat berpengaruh terhadap keabsahan ibadah.

“Umat Islam diimbau agar selalu mengonsumsi produk yang dijamin kehalalannya, baik makanan, minuman, atau produk yang bersentuhan dengan organ tubuh manusia, misalnya alat tes swab antigen dan PCR, karena akan mempengaruhi keabsahan ibadah," katanya pada kegiatan Halaqoh Kajian Islam Aswaja Pusat, seperti dikutip dalam siaran persnya, Kamis, 16 Desember 2021.

Selain pakar Ajaran Aswaja atau Ahlus-Sunnah wal-Jama'ah), Kiai Misbahul juga aktif sebagai pengasuh Pondok Pesantren Ilmu Quran (PIQ) Al-Misbah Jakarta.

Baca Juga: Ernest Prakasa Sindir Pemerintah yang Izinkan Menteri-Anggota DPR ke LN Tanpa Karantina: Malu!

Hadir dalam kegiatan Halaqoh Kajian Islam Aswaja Pusat KH Ahmad Shodiq (Wakil Panglima Santri), KH Mastur (Dewan Masjid Indonesia/DMI), Gus Imad (LDPBN), Gus Asif (Sekjen Aswaja Center), M Taufik Rusidi (Ketua Umum Koperasi Jasa Usaha Kerja Kesejahteraan Masyarakat), Ustadz Fahruddin dan Ustadz Yusep Koma.

Menurutnya, sertifikasi halal merupakan salah satu bentuk pemenuhan kewajiban negara dalam memberi perlindungan kepada warga negaranya.

Hal ini menjadi penting mengingat jumlah penduduk muslim di Indonesia mencapai lebih dari 87 persen, sehingga semua produk yang beredar di masyarakat harus terjamin kehalalannya.

"Kami sebagai orang Islam, sangat bahagia sekali kalau produknya itu dijamin kehalalannya. Dan yang menjamin kehalalan ini dari MUI," terangnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x