Pendidikan Non Formal di Jabar Terbanyak, FK PKBM Jabar Minta Pemprov Berikan Dukungan

- 21 Desember 2021, 17:08 WIB
Ilustarasi Pendidikan
Ilustarasi Pendidikan /Pixabay/lil_foot_

 

GALAMEDIA - Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) Jawa Barat meminta Pemerintah Provinsi untuk mendukung pendidikan non formal di Jabar.

Terlebih, dengan pendidikan non formal di Jabar menjadi yang terbanyak di Indonesia dengan jumlah 1.812 lembaga sesuai data pokok pendidikan nasional.

Ketua FK PKBM Jabar, Nana Suryana meminta pemerintah memberikan dukungan moril terhadap visi-misi maupun program kerja dalam pelayanan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Jabar.

Menurutnya PKBM turut berpartisipasi dalam membangun daerah, seperti melayani masyarakat putus sekolah, keberaksaraan dan mengangkat potensi lokal melalui produk lokal.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti ‘Serang’ Luhut: Kenapa Pejabat Boleh Karantina di Rumah Sendiri dan Masyarakat Tidak Boleh?

Selain itu, juga memberdayakan masyarakat melalui keterampilan, pelatihan, serta sinergitas dengan lembaga lain yakni pondok pesantren, UMKM, dan lainnya.

"Kalau berbicara kewenangan itu harga mati tapi ada klausul payung hukum yang bisa menaungi semua warga negara dan pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan," ungkapnya usai audiensi di Gedung Sate, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Selasa, 21 Desember 2021.

Oleh karena itu, FK PKBM Jabar mengingatkan kepada Pemprov bahwa hingga saat ini masih terdapat masyarakat yang belum terakomodir dalam pendidikan.

Mengingat, semua warga negara memiliki hak untuk mencari serta mendapatkan ilmu dan kewenangannya ada di pemerintah.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x